Sukses

Persipura Patahkan Rekor Buruk Tim Indonesia di 8 Besar AFC Cup

Dalam 4 tahun terakhir, Indonesia berhasil mengirim wakil ke perempat final. Namun baru di 2014 ini Persipura yang melaju ke semifinal.

Liputan6.com, Persipura Jayapura menuliskan tinta emas di gelaran Piala AFC Cup 2014. Pertama kali sepanjang sejarah, Persipura melenggang hingga semifinal kasta kompetisi nomor dua di Asia itu.

Secara mengejutkan, Persipura mempermalukan juara bertahan Kuwait SC dengan skor telak 6-1 dalam laga leg 2 di Stadion Mandala, Jayapura. Balas dendam sempurna Persipura setelah di pertemuan pertama, tim besutan Jacksen F Tiago itu kalah tipis 2-3.

Berikut data dan fakta yang mengiringi lolosnya Persipura ke semifinal Piala AFC sebagaimana dilansir dari situs resmi AFC.

1. Untuk pertama kali sepanjang sejarah, klub Indonesia berhasil melaju hingga semifinal Piala AFC Cup. Ini tahun ke-4, Indonesia mampu mengirim wakil ke perempat final AFC Cup.

2. Namun baru 2014, Persipura melaju ke semifinal setelah gagal di perempat final pada 2011. Tiga Indonesia yang lolos ke perempat final dalam empat tahun terakhir adalah: Persipura (2011), Arema Indonesia (2012), Semen Padang (2013), dan Persipura (2014).

3. Boaz Solossa dan kawan-kawan tampil garang di laga kandang. Sepanjang gelaran AFC Cup 2014, Persipura memetik 7 kemenangan dari delapan pertandingan, termasuk saat menghadapi Yango United 9-2 di babak 16 besar.

4. Robertino Pugliara yang menjadi pemain debutan di AFC Cup 2014 tampil menjadi pahlawan, mantan pemain Persija Jakarta dan PSM Makassar itu sukses mencetak hattrick.

5.  Sejak mengawali kiprah di AFC Cup pada 2009, Kuwait SC hanya kalah sekali di laga tandang saat menghadapi Nasaf Qarshi di final dengan skor 2-3. Selama mengarungi AFC Cup 2014, Kuwait  memetik 9 kemenangan, dua hasil imbang dan sekali menelan kekalahan.

6. Dalam dua kunjungan ke Asia Tenggara, Kuwait SC gagal memetik kemenenagan. Setelah bermain imbang 0-0 saat menghadapi Muangthong United di Thailand pada 2011 (perempat final AFC Cup), Kuwait SC menelan kekalahan telak1-6 di leg 2 AFC Cup kontra Persipura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini