Sukses

Konflik Gaza, Israel vs Belgia di Kualifikasi Euro 2016 Ditunda

UEFA juga meminta semua kegiatan sepakbola di Israel dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan sampai kondisi keamanan pulih.

Liputan6.com, Konfik Israel-Palestina mulai merembet hingga sepakbola. Konfederasi sepakbola Eropa (UEFA) terpaksa menunda pertandingan Kualifikasi Euro 2016 antara Israel kontra Belgia di Yerusalem pada 9 September 2014.

Pertimbangan keamanan membuat UEFA menggeser pertandingan ke tanggal 31 Maret 2015. Tempat pertandingan akan ditentukan kemudian. UEFA merasa, pertempuran Israel dengan militan Hamas di jalur Gaza berpotensi mengancam pemain dari kedua tim. Di Kualifikasi Piala Eropa 2016, Israel bergabung bersama Andorra, Bosnia-Herzegovina, Siprus dan Wales.

Dilansir dari Associated Press (AP), Institusi pimpinan Michel Platini itu juga meminta semua kegiatan sepakbola di Israel dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan sampai kondisi keamanan pulih.

Konflik Israel-Palestina juga menyita perhatian sepakbola dunia. Belum lama ini, militan Hamas mengunggah foto korban anak-anak yang tewas karena serangan Israel dengan mengenakan kostum Timnas Argentina bernama Lionel Messi. Kelompok pejuang Palestina itu menarik simpati pemain terbaik dunia itu agar mendukung pergerakan mereka.

"Hai Leo Messi, lihat anak itu, memakai jersey pemain terbaik di dunia. Daniel Tregaron, usia 4 tahun tewas hari Jumat saat memakai jersey Argentina," begitu caption foto tersebut.

Dukungan untuk Palestina juga mengalir dari seorang pemain asal Mesir, Mohamed Aboutrika yang menolak undangan tampil satu lapangan dengan pesepakbola Israel Yossi Benayoun.

Aboutrika dan mantan rekan setimnya di Al Ahly, Wael Gomaa diundang Paus Fransiskus untuk tampil pada sebuah pertandingan sepakbola untuk perdamaian di Stadion Olimpico, Roma, 1 September 2014. Laga uji coba ini bertujuan untuk menyatukan orang-orang dengan agama berbeda.

Baca Juga:
Surat Terbuka Di Maria untuk Fans Madrid
Kalah, MU Jadi Korban Bully di Twitter
5 Nomor Punggung Unik Pemain Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini