Sukses

Van Gaal Ogah Cari Strategi Alternatif untuk MU

Manajer asal Belanda itu merasa tidak perlu mengubah formasi 3-5-2 di MU karena sudah memiliki Angel Di Maria.

Liputan6.com, Manchester - Tampil gemilang saat tur pramusim dengan formasi 3-5-2, Manchester United malah 'layu' ketika Liga Premier Inggris musim 2014-15 berjalan. Banyak pihak yang mendesak manajer Louis van Gaal segera memikirkan tatktik alternatif.

Dari tiga pertandingan terakhir, Setan Merah (sebutan MU) menelan dua kekalahan. Rinciannya, kalah 1-2 dari Swansea City, 16 Agustus lalu dan tersingkir di Piala Liga Inggris oleh MK Dons dengan skor 0-4, 27 Agustus. Satu pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang 1-1 saat menghadapi Southampton, 24 Agustus.

Melihat hasil tersebut, banyak pihak, salah satunya legenda MU, Paul Scholes mendesak Van Gaal untuk mencari strategi alternatif. Van Gaal didesak untuk menerapkan formasi 4-3-3 atau 4-4-2 kepada Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Sayang, saran itu ditolak mentah-mentah oleh sang manajer. Van Gaal tetap ngotot bermain dengan formasi 3-5-2, yang mengantarkan kesuksesannya bersama Belanda finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2014.

"Semuanya butuh proses. Anda tidak bisa mengubah sebuah struktur seperti menghentikkan jari. Anda harus bekerja keras dan berlatih dengan sistem yang baru," jelas Van Gaal di laman resmi klub.

Manajer asal Belanda itu merasa tidak perlu mengubah formasi 3-5-2 di MU karena sudah memiliki penyerang sayap asal Argentina, Angel Di Maria. Van Gaal juga mengatakan, saat menghadapi Burnley, 30 Agustus mendatang, permainan MU sudah lebih baik.

"Ini hanya masalah waktu. Lagi pula kami sudah memiliki Di Maria. Dengan dia kami tahu bisa mengubah sistem atau tidak. Saya rasa, dia akan memberikan kontribusi yang sangat banyak mengenai permainan kami," kata Van Gaal.

"Di Maria harus terbiasa dengan budaya Liga Premier Inggris dan Manchester United. Kami tidak ingin berharap, mulai besok, dunia sudah mengalami perubahan," pria berusia 63 tahun tersebut mengakhiri.

Baca Juga:
Balotelli Mulai Buat Ulah di Liverpool
10 Fakta Jarang Terungkap Angel Di Maria (Bagian I)
10 Fakta Jarang Terungkap Angel Di Maria (Bagian II)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Louis van Gaal

Video Terkini