Sukses

7 Momen Rooney dalam Satu Dekade Bersama MU

Wayne Rooney sudah satu dekade memperkuat Manchester United.

Liputan6.com, Manchester - Wayne Rooney sudah sepuluh tahun bersama Manchester United. Dia didatangkan dari Everton, 31 Agustus 2004 dengan biaya transfer sebesar 25 juta pound, atau senilai dengan Rp 485 miliar.

Manajer MU ketika itu, Sir Alex Ferguson tertarik merekrut bocah yang lahir di pinggiran kota Liverpool tersebut. Saat didatangkan ke Stadion Old Trafford, Rooney masih berusia 18 tahun.

Permalink gambar yang terpasang

Meski masih belia, Ferguson sering menurunkannya sebagai pemain inti Setan Merah (julukan MU). Kepercayaan Ferguson dibalas dengan manis oleh Wazza, sapaan akrab Rooney, dia berhasil mencetak 11 gol dari 29 penampilan di musim pertamanya bersama MU.

Kini, dia sudah satu dekade memperkuat Setan Merah. Sejumlah catatan indah pernah dibuatnya bersama MU. Berikut detail perjalanan karier Rooney di MU seperti dilansir Daily Mail:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cetak Hatrik Saat Debut

Nama Rooney mulai meroket di Old Trafford pada 28 September 2004. Dia melakukan debut untuk Setan Merah saat menghadapi Fenerbahce di ajang Liga Champions.

Pria yang kini berusia 28 tahun itu mencetak tiga gol, atau hatrick ke gawang Fenerbahce. Rooney membuat Setan Merah menang telak 6-2.

3 dari 8 halaman

Kartu Merah Pertama

Setahun setelah bergabung dengan MU, Rooney menunjukkan sikap brutalnya di lapangan. Ketika itu Setan Merah menghadapi Villarreal di ajang Liga Champions, 14 September 2005.

Rooney mendapat kartu kuning saat melakukan tekel keras kepada pemain Villarreal. Tak terima mendapat kartu kuning, dia bertepuk tangan tepat di depan wasit.

Ulah Rooney dinilai telah menghina seorang pengadil lapangan. Hasilnya, sang wasit mengeluarkan kartu kuning kedua dan Rooney pun dikeluarkan dari lapangan. Itu adalah kartu merah pertamanya dan Rooney mulai dicap sebagai striker bengal.

4 dari 8 halaman

Trofi pertama Liga Premier Inggris

Rooney butuh dua musim untuk mempersembahkan gelar Liga Premier Inggris untuk Setan Merah. Gelar itu diraihnya pada musim 2006-07.

MU finis di posisi teratas klasemen Liga Premier Inggris dengan raihan 89 poin. Setan Merah meraih 28 kemenangan, lima imbang dan lima kekalahan. Pada musim itu, Rooney mencetak 14 gol dari 35 pertandingan.

Decorated: Rooney has won five Premier League titles, one Champions League trophy and two League Cups 

5 dari 8 halaman

Gelar Liga Champions

21 Mei 2008 adalah hari yang bersejarah bagi Rooney. Ya, dia berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions untuk MU yang ketiga.

Di partai final, MU berhasil mengalahkan Chelsea dalam drama adu penalti dengan skor 6-5. Di waktu normal kedua kesebelasan bermain imbang 1-1.

6 dari 8 halaman

Cetak Gol Indah dalam Derbi Machester

Momen ini selalu mengingatkan pecinta sepak bola dengan Rooney. Dia mencetak gol indah ke gawang Manchester City di Old Trafford pada 12 Februari 2011.

Ketika itu skor masih imbang 1-1 dan pertandingan tersisa 12 menit. Luis Nani melepaskan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan City, tanpa disangka, Rooney melepaskan tendangan salto dan menjebol gawang City. Golnya membuat MU meraih kemenangan 2-1 dalam derbi Manchester.

7 dari 8 halaman

Pemain Bergaji Paling Mahal di Inggris

Bulan Mei 2013 menjadi hari paling kelam bagi fans MU. Sebabnya, Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun sebagai manajer.

Pensiunnya Ferguson membuat Rooney terus digosipkan akan hengkang dari Old Trafford karena MU menunjuk David Moyes sebagai manajer yang baru. Rooney dan Moyes pernah terlibat perseteruan saat masih di Everton.

Chelsea yang mengetahui konflik tersebut terus mendekati Rooney dan menawarkannya gaji sebesar 250 ribu pound (Rp 4,8 miliar) per pekan.

Manajemen MU yang tak mau kehilangan aset berharganya terus membujuk Rooney agar bertahan di Old Trafford. Setan Merah pun bersedia memberikan upah sebesar 300 ribu pound (Rp 5,8 miliar) setiap minggunya. Gaji yang menggiurkan itu membuat Wazza memutuskan untuk bertahan.

8 dari 8 halaman

Jadi Kapten Setan Merah

Agustus 2014, manajer MU saat ini, Louis van Gaal menunjukkan sebagai kapten MU. Menurut Van Gaal, Wazza sudah pantas menjadi pemimpin Setan Merah karena memiliki keberanian dan sudah bisa mengontrol emosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini