Sukses

Lumat The Lobster, Persija ke Semifinal

Persija Jakarta memastikan diri lolos ke babak semifinal Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI). Pada leg kedua di Stadion Lebak Bulus, Macan Kamayoran melumat Deltras ‘The Lobster’ Sidoarjo 2-0 (0-0). Kedua gol diborong Bambang Pamungkas.

Satu tempat di babak semifinal Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) dipastikan menjadi milik Persija Jakarta. Kepastian didapat setelah Macan Kemayoran sukses melumat Deltras Sidoarjo 2-0 pada leg kedua perempat final di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (03/01) petang.

Persija melangkah dengan aggregate 3-1 setelah pada leg pertama bermain imbang 1-1 di kandang The Lobster, Stadion Gelora Putra Deltras. Pahlawan kemenangan itu tak pelak jatuh kepada Bambang Pamungkas yang tampil gemilang dengan memborong kedua gol.

Deltras yang sadar posisinya lebih sulit menampilkan formasi menyerang. Pelatih Jaya Hartono menurunkan tiga penyerang sekaligus, yakni Airlangga Sucipto, Sasa Branezac dan Hilton Moreira dalam starting eleven.

Persija sadar jika hanya mempertahankan skor 0-0 sama saja ‘bunuh diri’ tampil ofensif begitu peluit pertama tanda pertandingan dimulai dibunyikan. Bambang yang pada petang hari itu tampil trengginas membuka ancman pada menit ketujuh. Tapi upaya striker timnas itu lewat tendangan dari dalam kotak penalti masih mampu dimentahkan kiper Sumardi.

Deltras tidak mau kalah. Dua kali gawang Evgheny Khmaruk terancam melalui tendangan Airlangga dan Hilton. Tapi kedua kesempatan itu terbuang percuma karena belum menemui sasaran. Sepanjang babak pertama pertandingan berjalan alot dan keras. Itu bisa terlihat dari tiga kartu kuning yang keluar dari saku wasit Ali Rinenggo. Dua untuk Deltras atas nama Miftakhul Huda dan Hilton sedangkan satunya untuk Muhammad Ilham dari Persija.

Sebelum turun minum, di menit ke-42 sekali lagi percobaan Bambang mampu digagalkan Sumardi dan kedudukan 0-0 tidak juga berubah. Di babak kedua suntikan semangat dari The Jakmania membuat Persija memperoleh tenaga tambahan. Hasilnya Bambang berhasil mengoyak gawang Deltras melalui tendangan bebas ke pojok kanan pada menit ke-60.

Deltras coba membalas dan pertandingan bertambah panas. Di menit ke-70 kedua kesebelasan bermain dengan sepuluh pemain setelah Ilham dan Claudio Pronetto diusir karena terlibat clash. Pemicu ketegangan tidak lain adalah Ilham yang menyikut wajah Pronetto.

Deltras yang tertinggal memperoleh satu peluang emas. Sayangnya tendangan Airlangga yang memperoleh umpan diagonal dari sayap kanan masih mampu ditepis Khmaruk. Tidak bebarapa saat dari pertandingan yang berjalan terbuka Bambang menggandakan keunggulan. Umpan terukur Aliyudin dengan dingin diselesaikan tandemnya dengan bola lob. Sampai pertandingan berakhir skor 2-0 mampu dipertahankan.

Untuk selanjutnya, Persija akan bertemu pemenang partai Persipura Jayapura kontra Persekabpas Pasuruan yang pada leg pertama bermain imbang 2-2 di Pasuruan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.