Sukses

BTN Nilai Spanyol Tempat yang "Aman" untuk TC Timnas U-19

Liputan6.com, Timnas U-19 Indonesia melakukan terus mematangkan persiapan menghadapi Piala Asia U-19, Oktober mendatang.  Tim  besutan Indra Sjafri itu memilih Spanyol sebagai tempat pelaksanaan pemusatan latihan selama 17 hari.

Direktur High Performance Unit (HPU), Demis Djamaoeddin mengungkap alasan, Spanyol dipilih  sebagai lokasi TC Garuda Jaya. Menurut, Demis selain mencari lawan yang kompetitif, Spanyol dinilai sebagai tempat yang "aman" agar  persiapan Evan Dimas dkk tidak diintip lawan.

"Kami  memilih Spanyol agar tidak bisa dipantau lawan. Itu alasan paling sederhana," kata Demis di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/9/2014). "Lebih dari itu, kami mencari lawan yang kompetitif. Level permainan lawan harus dua tingkat di atas Timnas U-19," sambungnya.

"Lawan pasti pasti mencari informasi tentang kekuatan Indonesia. Persiapan kami bisa bocor kalau TC atau main di Italia. Ini juga menjadi alasan kami TC ke Eropa."

Selain itu, Tur di Eropa ini, menurut dia memberikan manfaat besar terutama mencapai grafik permainan meningkat saat tampil di Myanmar bulan depan. "Timnas U-19 masih dalam tahap pra kompetisi. Dengan level lawan di Eropa membuat tim dapat mencapai puncak performa," papar Demis.

Demis mengungkapkan, BTN dan HPU sedianya berencana mengundang lawan dari zona UEFA yang telah lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru 2015 mendatang seperti Jerman dan Portugal."Namun batal. Seperti pemain dari Jerman harus bermain di Bundesliga."

Bukan hanya Indonesia yang melakukan persiapan ke Eropa, Vietnam juga melakukan langkah serupa. Vietnam bahkan menggelar TC di sejumlah negara Eropa seperti Inggris, Belgia, dan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.