Sukses

5 Transfer Termahal Musim Panas Ini

Beberapa klub rela mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki skuatnya setelah musim lalu gagal total.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2014 sudah resmi ditutup 1 September. Pada jendela transfer kali ini tidak ada pemecahan rekor transfer termahal di dunia atas nama Gareth Bale saat dibeli Real Madrid tahun lalu.

Walau demikian, pengeluarkan klub-klub Eropa cukup besar. Beberapa klub rela mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki skuatnya setelah musim lalu gagal total seperti Manchester United, Barcelona dan Arsenal.

Sejumlah transaksi mengejutkan terjadi di musim panas ini. Berikut 5 besar transfer termahal musim panas ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Luis Suarez

Barcelona secara mengejutkan berhasil mendapatkan Suarez dari Liverpool. Untuk mendapatkan Suarez, Barca harus membayar The Reds senilai 75 juta pound (Rp 1,45 triliun).

Mahalnya harga Suarez dikarenakan pemuda Uruguay itu tampil cemerlang di Liga Premier musim lalu dengan menjadi pencetak gol terbanyak. Suarez juga diincar Real Madrid sehingga harganya melonjak.

Sayangnya Barca tidak bisa langsung memakai jasa Suarez di awal musim. Eks pemain Ajax Amsterdam itu terkena skorsing dari FIFA karena menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.

3 dari 6 halaman

2. James Rodriguez

James tampil gemilang di Piala Dunia 2014 bersama timnas Kolombia. James membawa Kolombia lolos ke perempat final.  Dia menjadi pencetak gol terbanyak di Brasil dengan enam gol.

Kehebatan james di Piala Dunia 2014 membuat Real Madrid tertarik memboyongnya dari AS Monaco. Madrid harus merogoh kocek 63 juta pound (Rp 1,2 triliun) untuk memiliki James.

James disiapkan Madrid sebagai pengganti Angel Di Maria. Pasalnya Di Maria ingin hengkang karena tidak mendapat kenaikkan gaji.

4 dari 6 halaman

3. Angel Di Maria

Madrid berhasil menjual Di Maria di akhir Agustus ke Manchester United. Los Blancos mendapat dana segar 59,7 juta pound (Rp 1,15 triliun) dari penjualan pemain berkebangsaan Argentina itu.

Kepindahan Di Maria ke Old Trafford memecahkan rekor transfer termahal di tanah Inggris. Di Maria menjadi marquee player MU di musim panas ini.

Manajer MU Louis van Gaal memang sangat membutuhkan Di Maria untuk membangkitkan kejayaan The Red Devils. Di Maria langsung didaulat memakai nomor punggung keramat 7.

5 dari 6 halaman

4. David Luiz

PSG membuat kejutan di awal bursa transfer musim panas. Sebelum Piala Dunia 2014 bergulir, PSG berhasil mencapai kesepakatan dengan Chelsea untuk merekrut Luiz.

Butuh dana 40 juta pound (Rp 774 miliar) untuk bisa memiliki Luiz. Tawaran mewah PSG ini sulit ditolak oleh Chelsea mengingat Luiz penampilannya tidak terlalu konsisten.

Besarnya dana pembelian Luiz membuat PSG kesulitan belanja pemain. Mereka terkena peraturan Financial Fair Play. Akibatnya PSG mundur dari persaingan mendapatkan Di Maria.

6 dari 6 halaman

5. Alexis Sanchez

Arsenal kembali mengeluarkan dana besar di bursa transfer 2014. Setelah merekrut Mesut Ozil 42,4 juta pound tahun lalu, kali ini The Gunners memboyong Alexis dari Barcelona.

Klub asal London ini memang tidak mengumumkan berapa dana yang dikeluarkan untuk membeli Alexis. Namun media Inggris memperkirakan harga Alexis mencapai 35 juta pound (Rp 619 miliar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • James Rodríguez adalah seorang pemain bola profesional di klub Real Madrid
    James Rodríguez adalah seorang pemain bola profesional di klub Real Madrid

    James Rodriguez

  • Angel Di Maria