Sukses

Hat-trick Beto Antarkan Persipura ke Final

Tim favorit Persija Jakarta harus mengakui keunggulan ‘tamunya’ Persipura Jayapura 2-3 (1-2) dalam semifinal Copa Dji Sam Soe 2007-08 yang digelar di Stadion GBK, Jakarta, Kamis, 10 Januari. Adalah hat-trick Beto yang mengubur mimpi Macan Kemayoran.

Diwarnai bentrok antara suporter kedua tim di saat jeda, Persipura Jayapura berhasil melaju ke babak final Copa Dji Sam Soe (CDSSI) 2007-08, setelah dalam partai semifinal yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2008, berhasil mengandaskan perlawanan tim favorit, Persija Jakarta 3-2 (2-1).

Ketiga gol kemenangan bagi pasukan “Mutiara Hitam” itu diborong striker Beto Goncalves. Sementara dua gol Macan Kemayoran dihasilkan lewat sepakan penyerang andalan Bambang Pamungkas dan Hamka Hamzah.

Pertandingan itu sendiri berlangsung dengan menarik. Kedua tim menyuguhkan tempo permainan yang cukup cepat. Persija yang didukung penuh 50 ribu suporternya, berupaya mengambil inisiatif terlebih dahulu. Hasilnya, mereka petik di menit ke-28.

Tandem Bambang, Aliyudin melakukan akselerasi dari sayap. Umpan lambungnya berhasil disundul Bambang dan masih bisa dimentahkan kiper Persipura, Jendry Pitoy. Namun, bola rebound jatuh ke kaki Atep yang dengan cepat menyodorkan bola kepada Bambang yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Bambang mencocor bola ke dalam gawang. 1-0 untuk Persija.

Namun, keunggulan tim ‘tuan rumah’ itu tak bertahan lama. Persipura yang dikenal dengan mental bertandingnya yang kokoh, berhasil menyamakan kedudukan dua menit kemudian lewat kaki Beto memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper Yvgeny Khamaruc yang mencoba mengamankan sepakan Ernest Jeremiah. Skor 1-1.

Persija mencoba kembali bangkit. Namun, justru di menit-menit akhir babak pertama, gawang Khamaruc yang dibombardir. Hasilnya, di injury time, Persipura unggul 2-1 lewat tendangan kaki kanan Beto yang lepas dari jebakan off-side para pemain Persija.

Di babak kedua, Persija kian ofensif mengejar ketertinggalan. Hanya tiga menit setelah kick-off, Aliyudin nyaris menyamakan kedudukan ketika tendangan kerasnya masih dapat ditepis Jendry Pitoy. Di saat Bambang Pamungkas dkk asyik menyerang, justru gawang Khamaruc yang kembali kebobolan untuk kali ketiga di menit ke-54 lewat sepakan Beto.

Tak lama berselang, anak-anak asuhan Raja Isa nyaris menambah keunggulan ketika dalam kesempatan satu lawan satu Jeremiah gagal menaklukkan kiper Khamaruc. Bek Persija berhasil merebut bola yang berada di kaki Jeremiah.

Jakmania bersorak gembira ketika kapten tim Hamka Hamzah berhasil memperkecil ketinggalan timnya di menit ke-64 memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Jendry Pitoy. Skor 3-2. Gol itu kian menambah semangat anak-anak Macan Kemayoran. Sayang gol yang dinanti tak kunjung datang sampai akhir pertandingan. Persipura pun melangkah ke babak final dan akan berhadapan dengan pemenang partai semifinal lainnya antara tim favorit lainnya, Sriwijaya FC menghadapi Pelita Jaya Purwakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini