Sukses

5 Fakta Menarik Kualifikasi Piala Eropa 2016

Gong kualifikasi Piala Eropa 2016 dimulai sejak dini hari nanti.

Liputan6.com, Paris: Gong kualifikasi Piala Eropa 2016 bakal dimulai dini hari nanti. Kualifikasi ini menjadi era baru bagi negara 'lemah' di sepak bola Eropa karena kini punya kans lebih besar untuk lolos ke Piala Eropa yang bakal digelar di Prancis.

Mengapa? Ini karena Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menambah jatah negara yang ikut dari 16 negara menjadi 24. Ada 9 grup (A-I) yang akan memperebutkan 23 tiket (Prancis sebagai tuan rumah otomatis lolos) ke Piala Eropa. Juara dan runner up grup otomatis lolos. Begitu juga dengan peringkat tiga terbaik dari 9 grup tersebut.

Sedangkan empat tiket terakhir akan diperebutkan oleh 8 negara lewat play off. Menjelang kualifikasi nanti, ada 5 fakta menarik yang mungkin bisa dikupas untuk melihat bagaimana peta kekuatan sepak bola Eropa sekarang. Fakta-fakta itu bisa terlihat dari laga uji coba yang baru saja lewat beberapa hari lalu.

Apa saja fakta menarik itu? Berikut penjelasannya seperti dirangkum Yahoosports:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Peringatan Dini untuk Jerman

Peringatan Dini untuk Jerman

Peringatan dini sudah didapatkan Jerman, juara Piala Dunia 2014 ketika kalah 2-4 dari Argentina pada laga uji coba 3 September lalu. Sang juara Piala Dunia itu tanpa disangka kebobolan empat gol terlebih dahulu sebelum akhirnya membalas dua gol.

Tentu, Jerman menargetkan sukses di Piala Eropa nanti. Hanya mereka harus mengatasi kualifikasi di grup D. Laga pertama Jerman yaitu melawan Skotlandia pada Senin (8/9/2014) dini hari WIB nanti.

"Target kami yaitu lolos ke Piala Eropa di Paris," ujar pelatih Jerman Joachim Loew sebelum duel lawan Argentina. Memang, Jerman tidak dalam kekuatan terbaiknya lawan Argentina. Mereka tak bisa mainkan Sami Khedira, Mesut Ozil, Bastian Schweinsteiger,Julian Draxler dan Mats Hummels.

Bahkan Thomas Mueller sama sekali tak dimainkan lawan Argentina. Namun, Mueller dipastikan menjadi tulang punggung bagi Jerman lawan Skotlandia nanti.

3 dari 6 halaman

Wajah Baru Spanyol

Wajah Baru Spanyol

Spanyol adalah juara bertahan Piala Eropa. "La Furia Roja" menjadi juara untuk ketiga kalinya usai mengalahkan Italia di final Piala Eropa 2012. Spanyol sendiri kini mencoba tampilkan mayoritas wajah baru karena beberapa pemain senior memutuskan untuk pensiun.

Pelatih Vicente Del Bosque sepertinya ingin mengubah nasib karena terpuruk di Piala Dunia lalu. Hanya, wajah baru Spanyol belum menampakkan hasil. Itu terlihat ketika mereka kalah 0-1 dari Prancis di laga uji coba lalu.

Nah, Spanyol akan mendapatkan ujian dari Makedonia pada Selasa (9/9/2014) dini hari nanti. Tantangan juga bakal datang dari Ukraina, Slowakia, Belarus dan Luksemburg yang satu grup dengan mereka di grup C.

4 dari 6 halaman

Guus Hiddink Pusing

Guus Hiddink Pusing

Pelatih baru Belanda, Guus Hiddink sedang pusing. Ini karena dia memulai debut sebagai pelatih dengan kekalahan 0-2 dari Italia. Tugas berat langsung menantinya karena bakal menghadapi Republik Ceko di laga pertama kualifikasi grup A.

Hiddink mengembalikan formasi 4-3-3 di timnas Belanda. Padahal formasi ini sudah ditinggalkan oleh pendahulunya, Louis van Gaal dimana pelatih yang kini menangani Manchester United (MU) ini lebih suka pake 5 bek.

Dengan formasi ini, Belanda sulit dikalahkan di Piala Dunia lalu. Mereka merebut posisi ketiga dan hanya kalah lewat adu penalti lawan Argentina di semifinal Piala Dunia.

Hiddink sedang mumet karena harus membenahi pertahanan timnya yang kebobolan dua gol dalam waktu 10 menit saja pada laga uji coba lawan Italia di Bari. Hiddink janji perketat pertahanan. "Tim hebat tak akan kalah dua kali beruntun," tuturnya.

5 dari 6 halaman

Ancaman Antonio Conte

Ancaman Antonio Conte

Pelatih Italia, Antonio Conte memberi dampak positif sejak menggantikan Cesare Prandelli. Dia langsung membawa Italia menang ketika melawan Belanda. Pengalamannya membawa Juventus juara Liga Italia tiga kali beruntun langsung diterapkannya di timnas Italia.

"Dia seperti palu," kata striker Italia Ciro Immobile yang membuka gol Italia lawan Belanda. "Dia sangat mempercayai pemain dan seperti itu seharusnya."

Italia akan menghadapi Norwegia di laga pertama kualifikasi Piala Eropa grup H.

6 dari 6 halaman

Inggris Main Bertahan?

Inggris Main Bertahan?

Inilah yang terjadi ketika Inggris melawan Norwegia di laga uji coba beberapa waktu lalu. Inggris hanya menang 1-0 dan main layaknya tim kelas dua pada laga yang berlangsung di Wembley tersebut.

Manajer Inggris, Roy Hodgson membenarkan jika timnya bisa saja main defensif seperti ketika melawan Norwegia ketika menghadapi Swiss pada laga kualifikasi pertama lawan Swiss.

"Swiss pasti ingin mengalahkan kami, jika perlu, kami mungkin akan main seperti ketika melawan Norwegia. Mungkin kami tertekan mundur dan tak bisa menyerang," tandas Hodgson.

Hodgson kini dibingungkan dengan banyaknya pemain inti yang cedera. Belum lagi pemain berpengalaman seperti Ashley Cole, Steven Gerrard dan Frank Lampard pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini