Sukses

Nine Sport Minta Maaf Terkait TC Timnas U-19 di Spanyol

"Ketidakjelasaan program terjadi karena Nine Sport tidak berhasil mendapatkan sponsor tepat waktu."

Liputan6.com, Jakarta - CEO Nine Sport Inc. Arif Putra Wicaksono mengklarifikasi dan meminta maaf terkait program training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Spanyol yang sempat mengalami ketidakjelasan. Sebab, masalah ini memunculkan asumsi negatif kepada PSSI yang dianggap tidak mempersiapkan tim dan program secara baik serta terencana. Arif menegaskan hal itu terjadi akibat kesalahan pihaknya yang gagal mendapatkan sponsor.

Keberangkatan skuat Garuda Jaya sebelumnya memang sempat tidak menentu. Semula Evan Dimas dan kawan-kawan direncanakan bertolak ke Negeri Matador pada Rabu (10/9/2014) kemarin. Tetapi, jadwal akhirnya diundur menjadi Jumat (12/9/2014) besok. Bahkan, pelatih Indra Sjafri sempat mengaku tidak tahu lawan-lawan yang akan dihadapi skuatnya selama di Spanyol.

"Bersama dengan surat ini saya selaku CEO dari Nine Sport Inc., ingin mengklarifikasi dan meminta maaf terkait dengan penyelenggaran Kamp Persiapan Timnas U19 di Spanyol. Belakangan ini banyak berita dan opini di media sosial (dan publikasi lainnya) yang menyatakan bahwa ketidakjelasan kamp pelatihan persiapan Timnas U19 di Spanyol adalah salah dari PSSI karena tidak mempersiapkan lawan dan program dengan baik dan terencana. Hal tersebut tidak benar adanya," kata Arif dalam surat terbuka kepada pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (11/9/2014).

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/543401/big/gallery-bola-5-131003b.jpg

"Faktanya, PSSI sudah lama merencanakan tur ke Spanyol untuk persiapan terbaik bagi Timnas. Di era yang baru bagi persepakbolaan Indonesia ini, PSSI memiliki prinsip untuk mewujudkan sepakbola Indonesia yang independen dan lepas dari ketergantungan akan dana dari APBN. Oleh karena itu dalam persiapan Timnas U19 ini PSSI menunjuk Nine Sport untuk mengorganisir dan mencari sponsor."

"Ketidakjelasaan program Timnas U19 ini terjadi karena Nine Sport tidak berhasil mendapatkan sponsor dengan tepat waktu untuk mendanai persiapan Timnas U19 di Spanyol — patut ditekankan bahwa pencarian sponsor adalah tanggung jawab Nine Sport selaku promotor yang ditunjuk oleh PSSI. Karena kami tidak berhasil meraih sponsor akhirnya kejelasan program menjadi berlarut-larut dan muncul asumsi negatif di media kepada PSSI," ucap Arif.

"Atas terjadinya hal ini, kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada PSSI dan Timnas U19. Kami berharap agar masyarakat dan media dapat memahami kejadian yang sebenarnya. Kita semua sebagai pecinta sepakbola harusnya bangga bahwa PSSI sekarang tidak menggunakan dana APBN," tuturnya.

Adapun di Spanyol, Timnas U-19 akan menjalani empat partai uji coba, yakni melawan Real Madrid Castilla (16/9), Atletico Madrid (18/9), Valencia (22/9), dan Barcelona.











* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.