Sukses

Putra UPI dan Putri UNIBRAW Juarai LIMA Swimming 2014

Tim UPI dan UNIBRAW memperoleh medali terbanyak di kelas putra dan putri.

Liputan6.com, Jakarta: Tim renang putra Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan tim renang putri Universitas Brawijaya Malang berhasil menjadi juara nasional LIMA Swimming 2014. Bertempat di kolam renang UPI Bandung, Sabtu (13/9/2014), tim putra UPI dan tim putri UNIBRAW unggul dalam perolehan medali pada 11 nomor yang dilombakan.
 
Di kelompok putra, UPI meraih torehan empat emas, dua perak, dan dua perunggu dengan total poin 90. Unggul jauh sebanyak 30 poin dari posisi kedua yang diraih oleh tim asal Bandung lainnya Universitas Kristen (UK) Parahyangan yang mengumpulkan 40 poin dari perolehan empat medali emas. Posisi ketiga direbut oleh Universitas Widyatama dengan total poin 36 dari dua medali emas dan 2 medali perak.
 
Sementara di kelompok Putri, UNIBRAW Malang yang mendominasi perolehan medali sejak putaran kedua semakin mengukuhkan dominasinya dalam mengumpulkan medali. Goldilanov Nadya Gantari dan kawan-kawan mengumpulkan total poin 94 dari tujuh emas dan 1 perak.

Perolehan ini unggul jauh dari saingan terdekat mereka Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci yang memperoleh dua emas, dua perak dan dua perunggu dengan total poin 66. Menyusul di tempat ketiga ada tim putri UPI dengan total poin 61 dari satu emas, dua perak, tiga perunggu. (Bersambung klik page berikutnya dibawah ini)
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manajer Puas

Manajer tim Putri UNIBRAW, Adinda Sekar Arum berujar, dirinya merasa senang dan tidak menyangka dengan perolehan yang diraih timnya. Apalagi ini kali pertama mereka ikut di ajang LIMA Swimming. “Kami tidak punya target apa pun dalam kompetisi ini, mungkin lebih ke target individu untuk bisa dapat emas, syukurlah jika bisa dapat hasil yang terbaik,” ujarnya.
 
Sementara itu, manajer tim Putra UPI, Ninis M juga mengungkapkan bahwa pihaknya merasa puas dengan apa yang diperoleh timnya kali ini. “Kedepannya kita berharap tim putra bisa mempertahankan gelar juara yang telah diperoleh dan tim putri bisa memperbaiki prestasinya di kemudian hari," tandasnya.

Juara nasional Putra dan Putri LIMA Swimming 2014 mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp 5 juta plus trofi, posisikedua memperoleh uang sejumlah Rp 3 juta plus trofi, dan posisi ketiga memperoleh uang sejumlah Rp 2 juta.
 
Dengan perolehan tersebut, kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung keluar sebagai juara umum pertama dengan total poin 201, disusul UPH dengan total 104 dan UNIBRAW dengan total nilai 101.
 
LIMA Swimming 2014 juga memberikan penghargaan khusus bagi sejumlah pemain yang dinilai punya prestasi tersendiri, diantaranya Best Swimmer bagi perenang yang mengumpulkan medali terbanyak, dan All Academics Swimmer bagi perenang yang punya prestasi akademik mentereng.
 
Di kelompok putra, predikat Best Swimmer jatuh pada Satria Bagaskara dari Universitas Kristen (UK) Parahyangan yang mengumpulkan empat medali emas. Sementara untuk Putri jatuh pada Goldilanov Nadya Gantari dengan perolehan dua medali emas. Penghargaan All Academics Player jatuh pada Kelvin Eka Pramudita dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan IPK 3,98 dan Christina Sugiono dari UPH dengan IPK 3,63.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini