Sukses

Sebelum Diego Costa, Inilah Mesin Gol Chelsea di Masa Lampau

Di masa lalu, Chelsea mengandalkan ketajaman Didier Drogba, Gianfranco Zola, dan Peter Osgood.

Liputan6.com, London - Chelsea kembali memiliki striker haus gol. Mulai musim 2014/2015, The Blues mengandalkan ketajaman Diego Costa yang diboyong dari Atletico Madrid dengan harga 32 juta poundsterling atau setara Rp 617 miliar.

Pemain berusia 25 tahun itu langsung membuktikan keahliannya menjebol gawang lawan. Dari empat laga, ia sudah menorehkan tujuh gol. Bahkan Costa berhasil mencetak hatrick saat membawa Chelsea menang 4-2 atas Swansea City, Sabtu (13/9/2014).

Berkat penampilannya yang gemilang, Costa bisa membuat publik The Roman Emperor melupakan sosok Fernando Torres. Pemain berjuluk El Nino itu dilepas ke AC Milan. Kini para pendukung Chelsea sepertinya bisa mengikhlaskan Torres yang dibawa Milan dengan status pinjaman selama dua musim (2014-2016).

Sebelum Costa, Chelsea pernah memiliki striker yang ahli dalam mencetak gol. Berikut, pemain-pemain yang pernah dijuluki sebagai mesin gol The Blues;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didier Drogba

1. Didier Drogba
Pemain kebangsaan Pantai Gading ini jadi andalan Chelsea pada musim 2004 sampai 2012. Drogba membuktikan ketajamannya dengan mengoleksi 101 gol dari penampilannya di kancah Liga Premier.

Sang pemain berkontribusi besar dalam mengantarkan The Blues meraih berbagai gelar bergengsi. Trofi juara Liga Premier, FA Cup, Piala Liga, Community Shiled, dan Liga Champions pernah digenggam pemain yang sudah berusia 36 tahun ini.

Pada musim panas 2012, Drogba memutuskan hengkang ke Shanghai Shenhua. Beberapa bulan kemudian ia pindah membela Galatasaray.

Drogba akhirnya balik ke Chelsea setelah kontraknya dengan Galatasaray berakhir Juni 2014 lalu. Kini ia tak lagi jadi pilihan utama. Tapi berbekal pengalamannya, Drogba masih bisa dijadikan sebagai senjata maut The Roman Emperor.


3 dari 4 halaman

Gianfranco Zola

2. Gianfranco Zola
Gianfranco Zola membela Chelsea pada musim 1996 sampai 2003. Ia didatangkan dari Parma dan langsung mendapat tempat di skuat inti The Blues.

Di Liga Premier, Zola mencatatkan 229 penampilan. Dari kesempatannya tersebut, ia mampu menorehkan 59 gol.

Berkat prestasinya itu, Zola dianggap sebagai pemain Italia yang sukses di Liga Premier Inggris. Meski tak bisa mengantarkan Chelsea meraih gelar Liga Premier, ia tetap dipandang sebagai salah satu legenda The Blues.

Anggapan itu diberikan karena Zola mampu membawa Chelsea juara di ajang Piala FA dan Piala Liga. Selain itu ia juga turut andil dalam mengantarkan timnya juara Piala Winners 1997/1998 dan Piala Super Uefa 1998.


4 dari 4 halaman

Peter Osgood

3. Peter Osgood
Mantan atlet sepak bola yang lahir pada 20 Februari 1947 itu berhasil mengukir 103 gol bersama Chelsea. Ia merupakan striker andalan The Blues di musim 1964 sampai 1967.

Osgood sempat pindah ke Southampton, Norwich City, dan Philadelphia Fury. Namun ia akhirnya kembali ke Chelsea pada musim 1978 dan pensiun setahun kemudian.

Pada 1 Maret 2006, Osgood meninggal dunia. Namanya tetap dikenang sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Ia dijuluki sebagai The King of Stamford Bridge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini