Sukses

Timnas Indonesia U-23 Cetak Kemenangan Besar di Asian Games

Menghadapi Timor Leste di laga perdana Asian Games, Indonesia menang tujuh gol tanpa balas.

Liputan6.com, Incheon - Tim nasional Indonesia U-23 mengawali Asian Games cabang sepakbola dengan sempurna. Menghadapi Timor Leste di Stadion Goyang, Korea Selatan, Senin (15/9/2014), Indonesia menang telak tujuh gol tanpa balas.

Laga baru berjalan enam menit, gawang Timor Leste sudah kebobolan. Adalah Ferdinand Sinaga yang sukses membuka keunggulan. Berawal dari aksi Bayu Gatra, bola kemudian diberikan pada Ferdinand untuk diteruskan menjadi gol.

Empat menit berselang, Indonesia menambah keunggulannya. Untuk kali kedua, Ferdinand menjebol gawang Timor Leste kawalan Maxanches Ramos. Setelah lolos dari jebakan offside, Ferdinand langsung mencetak gol untuk mengubah keadaan menjadi 2-0.

Meski sudah unggul, Indonesia tidak menurunkan tempo serangannya. Terlihat para pemain Garuda Muda terus melancarkan tekanan ke lini belakang lawan.

Hasilnya, Ferdinand berhasil mencetak hatrick di menit 35. Memanfaatkan umpan panjang Victor Igbonefo, Ferdinand melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung Ramos. Skor 3-0 menutup babak pertama

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak kedua

Selepas jeda, Indonesia kembali melancarkan tekanan. Tapi Timor Leste bermain disiplin di awal babak kedua. Beberapa kesempatan yang didapat masih bisa digagalkan lini belakang lawan.

Timor Leste mendapat kesempatan emas di menit 52. Namun Almeida Barbosa gagal memaksimalkan peluang yang ia dapat. Indonesia membalas di menit 56. Sayang, bola yang disundul Alfin Tuasalamony masih melewati mistar gawang.

Indonesia baru bisa menambah keunggulannya saat pertandingan memasuki menit 79. Gol dicetak Alfin lewat eksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan wasit karena bek Timor Leste menyetuh bola dengan tangannya saat berada di kotak terlarang.

Tertinggal empat gol membuat permainan Timor Leste jadi tidak teratur. Mereka banyak melakukan kesalahan yang akhirnya dimaksimalkan skuat asuhan Aji Santoso.

Menit 82, Novri Setiawan memperbesar keunggulan Indonesia. Setelah mengecoh kiper lawan, ia dengan mudahnya menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang.

Tiga menit kemudian, Ferdinand mencetak gol keempatnya di laga ini. Dari jarak dekat, ia melepaskan tembakan yang sukses mengubah skor menjadi 6-0.

Pesta gol Indonesia ditutup oleh Fandi Eko Utomo. Tepat di menit 87 ia berhasil memanfaatkan kesalahan pada lini belakang lawan. Indonesia menang 7-0 dan berhak meraih tiga poin di laga perdana ini.

Untuk sementara, tim asuhan Aji Santoso berada di posisi puncak klasemen grup E. Laga selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Maladewa pada 18 September 2014.

Susunan Pemain:

Indonesia: Andritany, Alfin, Igbonefo, Manahatti, Dany, Jufrniyanto (Rasyin Bakri 82'), Bayu, Ramdani (Novi Setiawan 78'), Dedi, Syakir (Fandi Eko 69'), Ferdinand

Timor Leste: Maxanchez, Manek de Oliviera, Da Silva Martins, Araujo Magno (Cruz Maria 68'), Soares Fernandes, Bertoldo dos Santos, Santos Rangel, Pereira Boavida (Araujo 25'), Felipe Oliviera, Santos Fernandez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.