Sukses

Bolton Depak Atletico

Bolton Wanderers menembus babak 16 besar Piala UEFA secara gemilang. The Trotters membuat frustasi Atletico Madrid di kandangnya pada leg kedua, dinihari (WIB) ini. Langkah Bolton diikuti dua klub Inggris lainnya, Tottenham Hotspur dan Everton.

Bolton Wanderers meraih tiket ke babak 16 besar Piala UEFA. Tim asuhan Gary Megson yang memperoleh modal 1-0 pada leg pertama membuat tuan rumah Atletico Madrid frustasi di pertemuan kedua, Kamis (21/02) atau Jumat dinihari—WIB. Di Vicente Calderon, Atletico Madrid ditahan imbang tanpa gol sehingga The Trotters unggul agregat 1-0.

Banyak pihak lebih memfavoritkan Atletico yang kini menempati peringkat keempat di klasemen sementara La Liga Spanyol, ketimbang Bolton meski Los Rojiblancos tertinggal satu gol. Tapi, fakta berbicara lain. Tanpa partnernya—Sergio Aguero—di depan, Diego Forlan kebingungan menembus pertahanan tim tamu yang dikoordinir rapi Andy O’Brien.

Meski mendominasi penguasaan bola, hanya sedikit peluang yang diperoleh tim yang dilatih Javier Aguirre itu. Salah satu peluang terbaik Atletico diperoleh Luis Garcia. Namun sepakan mantan winger Liverpool itu masih melayang di atas gawang Jussi Jaaskelainen. Sedangkan Bolton justru memberi ancaman serius di awal pertandingan. Kiper Christian Abbiati dipaksa berjibaku menyelamatkan tendangan Stelios Giannakopoulos.

Dengan demikian di babak perdelapan final Bolton akan berhadapan dengan Sporting Lisbon. Klub Portugal itu unggul agregat 5-0 setelah memangkas FC Basle 3-0. Ketiga gol Sporting di kandang Basle dihasilkan Marques Alexandre Bruno Pereirinha pada menit kedua dan dua gol dari Liedson, menit ke-41 dan 51.

Sukses Bolton diikuti dua klub Liga Premier Inggris lainnya, Tottenham Hotspur dan Everton. Tottenham yang sudah mengantongi kemenangan 2-1 di Praha, pekan lalu, tidak terlihat antusias bermain di White Hart Lane. Dimitar Berbatov bergantian satu babak dengan Robbie Keane. Sedangkan di tengah, Jermaine Jenas tampil hanya di 20 menit terakhir.

Meski demikian, Tottenham memimpin 1-0 ketika pertandingan baru berjalan tujuh menit. Gol dicetak Jamie O’Hara melalui tendangan yang menerpa pemain lawan terlebih dahulu. Sundulan Darren Bent masih mampu ditepis kiper dan menerpa mistar gawang. Slavia Praha yang mengambil inisiatif di babak kedua menyamakan kedudukan melalui gol Matej Krajcik di menit ke-51. Tottenham melangkah dengan agregat 3-2.

Sedangkan Everton tampil fantastis. The Toffees sempurna meluluhlantakkan klub Denmark, SK Brann dengan kemenangan agregat 8-1. Skor luar biasa itu ditegaskan di  Goodison Park dengan kemenangan 6-1. Aiyegbeni Yakubu mengamuk setelah sempat dikecam karena terlambat kembali dari Piala Afrika. Yakubu membukukan hat-trick yang gol-golnya tercipta di menit 36, 54 dan 72. Tandem Yakubu, Andrew Johnson menambah dengan dua gol, menit ke-41 dan 90.

Satu gol lain pasukan David Moyes dijaringkan Mikel Arteta menit ke-70. Sedangkan satu-satunya gol pelipur lara Brann dihasilkan di menit ke-60 oleh Petter Vaagan Moen. Di babak selanjutnya, Tottenham bertemu PSV Eindhoven dan Everton berhadapan dengan Fiorentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini