Sukses

Arsenal Optimis Wenger Tetap di Emirates

Kemampuan apik Arsene Wenger meracik strategi membuat spekulasi Barcelona berniat memboyongnya. Spekulasi yang lantas dibantah Managing Director Arsenal, Keith Edelman yang yakin Wenger akan tetap di Emirates untuk delapan tahun lagi.

Keberadaan Arsene Wenger tak pelak merupakan figur sentral dibalik ciamiknya perjalanan Arsenal. Sejak menginjakkan kaki pada 1996, Wenger berhasil membawa The Gunners tiga kali merebut gelar juara Liga Premier dan empat gelar Piala FA, jumlah yang sama dengan gelar Community Shield (Charity Shield).

Prestasi yang belum pernah ditorehkan manajer Arsenal sebelumnya. Bukan itu saja, tidak sedikit yang mengklaim Wenger sebagai salah satu manajer/pelatih terbaik di dunia. Semakin tinggi pohon, semakin tinggi pula angin menerpa. Berbagai spekulasi menyambangi Wenger, terutama akan masa depannya di Emirates Stadium.

Kiprah Wenger di belakang layar Arsenal dipertanyakan setelah David Dein memutuskan mundur sebagai Vice-Chairman Klub pada Agustus 2007. Sejak saat itu Wenger dikabarkan tengah dibidik oleh salah satu klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona. Spekulasi semakin menyeruak dengan prestasi Barca yang menurun dalam dua tahun belakangan di bawah Frank Rijkaard.

Utamanya, spekulasi itu menggangu kuping pengurus The Gunners, tapi tidak sampai mengganggu. Managing Director Arsenal, Keith Edelman yakin bahwa Wenger akan tetap menangani klub asal London Utara untuk, paling tidak, delapan tahun lagi. Wenger sendiri menjawab dengan membawa Arsenal nongkrong di puncak klasemen premiership.

Prestasinya tidak hanya di lapangan. Untuk urusan keuangan, magister di bidang ekonomi itu juga mencatat prestasi dengan membawa Arsenal mereguk keuntungan 20 juta pound (Rp 360 miliar) untuk jangka waktu enam bulan, sampai November 2007.

“Saya tidak berpikir sedikitpun akan spekulasi tersebut—kepergian Wenger. Dia baru beberapa hari lalu mengatakan lapar juara dan menyatakan kesetiannya. Dia tidak akan pergi, selamanya. Saya rasa tidak ada masalah untuk tetap mempertahankan sosoknya. Saya yakin ia akan tetap menyertai saya untuk tujuh sampai lima tahun ke depan.

Selain itu, Edelman juga menampik spekulasi bahwasanya Wenger akan segera masuk jadi bagian dewan pengurus klub. Edelman dan pengurus lain tidak akan keberatan, tapi untuk saat ini Wenger hanya diproyeksikan sebagai manajer saja. “Untuk saat ini dia sudah sangat sibuk sebagai manajer. Dia sudah ikut ambil bagian, tapi hanya untuk menghadiri rapat—dewan,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini