Sukses

Garuda Muda Coba Ulangi Sejarah di Asian Games

Pencapaian terbaik Indonesia terjadi di Asian Games 1958 saat berhasil meraih medali perunggu.

Liputan6.com, Timnas U-23 akan kembali melanjutkan kiprah di ajang Asian Games 2014. Setelah menghajar Timor Leste di pertandingan pertama dengan skor telak 7-0, Garuda Muda ditantang Maladewa.

Laga berlangsung di Incheon Football Stadium, Kamis (18/9/2014). Tambahan tiga poin akan memuluskan jalan tim besutan Aji Santoso itu untuk melaju ke babak 16 besar. Bila berhasil, untuk pertama kali sejak Asian Games 1986, Timnas U-23 lolos dari penyisihan grup.

Kilas balik ke belakang, Indonesia sempat melaju hingga babak empat besar gelaran multi event empat tahunan antarnegara Asia itu. Pertama Asian Games 1954, 1958 dan terakhir 1986. Prestasi terbaik terjadi 1958 saat Indonesia meraih medali perunggu usai mengalahkan India.

Pada 1954, Indonesia harus mengakui Myanmar--saat itu bernama Burma--dengan skor 4-5. Sedangkan pada 1986, Indonesia dibantai Kuwait lima gol tanpa balas di fase semifinal. Indonesia terakhir kali tampil di Asian Games 2006. Namun Tim Merah Putih asuhan Foppe de Haan itu gagal total. Indonesia harus puas tersingkir dari fase penyisihan grup.

Melihat besarnya peluang Indonesia mencetak sejarah, Aji mengingatkan tim tidak larut dalam euforia."Kami harus lebih maksimal saat menghadapi Maladewa jika ingin lolos dari fase grup," ujar Aji saat dihubungi Liputan6.com.

"Siapapun yang ingin bermain di sini pasti ingin memetik kemenangan dan ingin menunjukkan kualitas tim. Jadi semua tim lawan berat," tutur eks-pemain Persebaya itu.

Baca Juga:
5 Cerita Skandal Cinta Cristiano Ronaldo dengan Model Panas
6 Bek Gratis yang Bisa Diboyong Arsenal Musim Ini
7 Fakta Menarik Matchday Pertama Liga Champions Semalam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.