Sukses

Indra Sjafri Ungkap Perbedaan Uji Coba Timnas U-19 di Eropa

Menurut Indra, tim di luar Eropa mengincar kemenangan dibanding mencari penangkal strategi lawan.

Liputan6.com, Valencia: Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri melihat terdapat perbedaan mencolok saat timnya bertanding melawan tim dari Eropa dan luar Benua Biru. Pandangan itu didapat Indra setelah menjalani dua laga uji coba di Spanyol.

Jelang turnamen Piala Asia U-19, Garuda Jaya melakukan sejumlah pertandingan uji coba mulai dari Tur Nusantara Jilid I dan II hingga Timur Tengah. Timnas U-19 juga mengikuti turnamen Sultan Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam.

Menurut pelatih berdarah Minang itu, tim Eropa mengembangkan taktik untuk menangkal taktik lawan, "Bila menjadi gol, itu menjadi bonus buat mereka. Sedangkan tim dari luar Eropa, mereka mencari strategi untuk mengalahkan lawan," tutur Indra.

"Hal ini yang seharusnya dikembangkan di level pembinaan sepakbola usia dini. Kecuali untuk tim senior, berbeda penangananya," kata Indra dalam rilis Ninesport.

Selama berada di Valencia, Indra juga berkesempatan berdiskusi dengan salah satu staff Valencia, Toni Hernandes. Dari pertemuan tersebut, sang arsitek menjelaskan, tim harus mempertahankan identitas permainan dan jangan diubah. "Gaya permainan kami sangat cocok diterapkan di Indonesia," kata Indra.

Hernandes sendiri memberikan acungan jempol terhadap bakat yang dimiliki pemain Timnas U-19. Terutama setelah Evan Dimas Cs mampu mengimbangi Valencia B 1-1.

"Struktur permainan mereka sangat terorganisasi. Permainan mereka mirip permainan sepakbola Spanyol. Sekarang, mereka perlu mempertahankan mentalitas. Saya yakin progress tim ini sangat menjanjikan ke depannya," beber Toni.


Baca Juga:
Evan Dimas: Timnas U-19 Punya Mental Kalahkan Lawan
Jadwal Live Streaming Liga Inggris di Liputan6.com Akhir Pekan
Juwita Persembahkan Medali Pertama Indonesia di Asian Games


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini