Sukses

Rooney Beberkan Masalah Van Gaal Melatih MU

Rooney menyebut ada dua masalah utama Van Gaal.

Liputan6.com, Manchester - Wayne Rooney mengungkapkan masalah besar yang dihadapi Louis van Gaal sebagai manajer baru Manchester United. Rooney menyebut ada dua masalah utama Van Gaal.

Van Gaal mengantikan peran David Moyes yang dipecat manajemen MU lantaran gagal meningkatkan performa Setan Merah --sebutan MU-- pada musim 2013-14. Manajer asal Belanda itu mulai menahkodai Setan Merah pada akhir Juli 2014.

Untuk membangkitkan kejayaan tim yang bermarkas di Stadion Old Trafford, Van Gaal meminta manajemen Setan Merah menyediakan dana sebesar 150 juta pound, atau hampir Rp 3 triliun. Di bursa transfer musim panas, Van Gaal mendatangkan Angel Di Maria, Luke Shaw, Marcos Rojo, Daley Blind, Ander Herrera dan Radamel Falcao.

Dengan kedatangan enam pemain bintang itu, eks pelatih Timnas Belanda itu ingin membuat MU menjadi tim berjuluk Los Galacticos. Namun, ada masalah untuk menciptakan MU Galacticos.

Baca di page selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Badai Cedera

Di awal musim 2014-15, Setan Merah mendapat kabar buruk setelah tujuh pemainnya mengalami cedera. Bahkan, empat diantaranya merupakan pemain tengah, yakni Ander Herrera, Michael Carrick, Felaini dan Jesse Lingard.

Banyaknya pemain yang cedera membuat lini tengah Setan Merah minim kreatifitas untuk membangun serangan. Hasilnya, MU hanya mengantongi dua poin dari tiga pertandingan.

Rooney sebagai kapten MU mengaku kalau dirinya sangat kecewa dengan hasil yang didapat timnya pada laga awal Liga Premier Inggris. Dia pun menyebut banyaknya pemain yang cedera sempat membuat pusing Van Gaal.

"Kami sangat menyadari kalau hasil di tiga pertandingan awal sangat mengecewakan. Padahal kami ingin mendapatkan poin sempurna di laga awal," kata Rooney, dikutip dari Manchester Evening News.

Keterpurukan itu membuat Van Gaal bergerak cepat dan mendatangkan beberapa pemain di penghujung bursa transfer musim panas, seperti Falcao, Di Maria dan Blind. Kedatangan tiga pemain itu membuat perubahan besar di skuat MU.

Akhir pekan lalu, Setan Merah yang menurunkan enam pemain barunya berhasil mendulang tiga poin di Old Trafford. MU menang 4-0 atas Queens Park Rangers.

"Itu adalah pertandingan bsar dan untungnya kami mempunyai kinerja dan hasil yang baik. Kami selalu bekerja sangat keras saat latihan. Kami selalu memastikan, di setiap pertandingan selalu bekerja secara bersama," ucap striker Timnas Inggris tersebut.

3 dari 3 halaman

Kesulitan Memilih Penyerang

Bergabungnya Falcao dengan status pinjaman dari AS Monaco selama semusim membuat lini depan MU dihuni oleh penyerang top. Setidaknya ada tiga striker berkelas, yakni Rooney, Falcao dan Robin van Persie.

Hal itu membuat Rooney beranggapan kalau Van Gaal bakal pusing tujuh keliling untuk menentukan dua penyerang dalam formasi 3-5-2.

"Saya yakini itu akan menjadi keputusan yang sulit untuk manajer. Di tim ini ada banyak pemain bagus dan bisa melakukan pekerjaan dengan baik untuk tim," Rooney mengakhiri.

Baca juga:

3 Pesepakbola Ini Dikaitkan dengan ISIS

3 Pelatih yang Doyan Daun Muda

Kalahkan Milan, Allegri: Ini Bukan Balas Dendam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini