Sukses

Kalah dari Thailand, Timnas U-23 Ogah Lawan Tiongkok?

"Kami tidak pilih-pilih lawan di babak 16 besar," jelas Aji Santoso.

Liputan6.com, Incheon - Timnas Indonesia U-23 dihancurkan Thailand di laga pamungkas Grup E Asian Games dengan skor 6-0, Senin (22/9/2014). Kekalahan itu membuat Garuda Muda --sebutan Timnas U-23-- harus puas hanya menjadi runner-up.

Melihat dua pertandingan Timnas U-23 yang tampil mengesankan saat mengalahkan Timor Leste 7-0 dan Maladewa 4-0, banyak khalayak yang heran dengan performa Victor Igbonefo dan kawan-kawan ketika menghadapi Thailand.

Malah, banyak persepsi bermunculan kalau Garuda Muda menghindari lawan berat yang keluar sebagai runner-up Grup F, Tiongkok. Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso membantah kalau timnya takut menghadapi Tiongkok.

"Saat melawan Thailand, kami juga ingin mencari kemenangan atau minimal mendapat hasil seri untuk menjadi juara grup," kata Aji saat dihubungi Liputan6.com.

"Kami tidak pilih-pilih lawan di babak 16 besar. Semua tim yang lolos dari babak penyisihan sama baiknya," terang pria asal Malang tersebut.

Sebelumnya, Aji menjelaskan, dia terpaksa menurunkan pemain pelapis karena tiga pemain inti Timnas U-23, yakni Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu dan Dedi Kusnandar tidak mungkin diturunkan karena masih proses penyembuhan. Sementara Alvin Tuasalamony dan Manahati Lestusen mengantongi kartu kuning.

"Dengan kondisi seperti itu, saya terpaksa menurunkan pemain yang sehat dan tidak bakal merugikan tim untuk pertandingan melawan Korea Utara di babak 16 besar," Aji mengakhiri.

Di babak 16 besar Asian Games 2014 cabang sepak bola, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi juara Grup F, Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.