Sukses

Rexy Optimistis Bulutangkis Capai Target Asian Games

Bulutangkis ditargetkan meraih dua medali emas di nomor perorangan pada Asian Games 2014.

Liputan6.com, Incheon - Tim bulutangkis Indonesia gagal memenuhi target di nomor beregu Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Baik tim putri maupun putra gagal melangkah ke semifinal. Meski demikian, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky tetap optimistis timnya mampu mencapai target dua medali emas di nomor perorangan.

"Target di beregu memang belum tercapai, tapi para pemain dan pelatih telah mengevaluasi agar tampil lebih baik lagi di nomor perorangan. Saya optimistis target dua medali emas bisa tercapai," kata Rexy di Incheon, Selasa (23/9/2014).

Dua emas diharapkan datang dari nomor ganda putra lewat pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Kedua pasangan Juara Dunia 2013 ini memang menjadi andalan tim Merah-Putih di panggung bulutangkis dunia.

Jika melihat hasil undian, Tontowi/Liliyana diperkirakan belum menemukan lawan berat hingga perempatfinal. Di delapan besar, pasangan rangking empat dunia ini kemungkinan akan bertemu dengan unggulan delapan Maneepong Jongjit/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) atau Shin Baek Cheol/Chang Ye Na (Korea).

Sementara itu, Hendra/Ahsan yang dijagokan di tempat kedua baru akan menghadapi lawan yang cukup berbahaya di delapan besar. Hendra/Ahsan tentunya tak akan melupakan laga semifinal Piala Thomas dimana mereka dikalahkan ganda Malaysia, Tan Boon Heong/Hoon Thien How. Kedua pasangan ini berpeluang kembali bertemu di perempatfinal. Dengan catatan Tan/Hoon bisa menghentikan perlawanan unggulan keenam asal Tiongkok, Liu Xiaolong/Qiu Zihan.

"Peluang Tontowi/Liliyana dan Hendra/Ahsan cukup terbuka, apalagi mereka sudah sering bertemu dengan lawan-lawan mereka di turnamen-turnamen sebelumnya dan pasti sudah mengerti dimana kelebihan dan kekurangan lawan," ucap Rexy.

Sedangkan di tunggal putra, Tommy Sugiarto juga ditargetkan membawa pulang medali perunggu. Pemain rangking lima dunia ini juga akan bertemu lawan yang cukup berbahaya di babak ketiga, yaitu Wei Nan (Hong Kong). Ia juga berpeluang untuk kembali berduel dengan Chou Tien Chen, pemain Taiwan yang mengalahkannya di nomor beregu.

Dalam laga kontra Chou Tien, Tommy mengaku ada permasalahan non teknis yang secara psikologis memengaruhi penampilannya di lapangan. "Kami masih belum mengerti faktor non teknis apa yang mengganggu penampilan Tommy di pertandingan beregu," ujar Rexy. "Kami berharap Tommy bisa tampil all out di nomor perorangan dan bisa mencapai target yang ditetapkan PBSI."

Cabang olahraga bulutangkis perorangan Asian Games 2014 akan mulai dipertandingkan di Gyeyang Gymnasium, Rabu (24/9) mulai pukul 09.00 waktu Incheon.

Baca juga:

Timnas U-19 Bakal Jajal Kekuatan Luis Suarez Cs

Cukur Australia 4-1, Indonesia Juara Grup

Legenda Arsenal Resmi Bergabung dengan Klub ISL

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.