Sukses

5 Pelatih yang Langsung Juara di Musim Debut

Kehadiran pelatih baru terkadang mampu mengubah peruntungan sebuah klub.

Liputan6.com, Jakarta- Pada musim 2014/2015 sejumlah klub ternama Eropa berganti pelatih. Mulai dari AC Milan, Juventus, Tottenham Hotspur Barcelona, hingga Manchester United memiliki pelatih baru.

Milan menunjuk Filippo Inzaghi yang sebelumnya merupakan pelatih primavera untuk menukangi tim utama. Hal serupa juga terjadi di Barcelona yang mempromosikan Luis Enrique ke tim utama.

Adapun Spurs dan MU membajak pelatih yang sudah punya nama. Spurs dipoles oleh Mauricio Pochettino, sedangkan MU menunjuk Louis van Gaal. Sementara Juventus yang musim lalu menjuarai Serie A terpaksa ganti pelatih karena Antonio Conte mundur. Kini Massimiliano Allegri yang berkuasa.

Kehadiran pelatih baru terkadang mampu mengubah peruntungan sebuah klub. Bahkan beberapa pelatih mampu memberikan gelar juara di musim debutnya. Berikut 5 pelatih langsung berhasil mempersembahkan prestasi di musim pertama:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Josep Guardiola

Pada musim panas 2008, Barcelona membuat keputusan berani dengan mengangkat Josep Guardiola sebagai pelatih kepala. Guardiola masih minim pengalaman di kasta teratas. Dia hanya pernah menangani tim B Barcelona.

Langkah Barca memilih Guardiola makin mengundang cibiran manakala mereka melakukan start buruk di musim 2008/2009. Namun Guardiola mampu meruntuhkan keraguan banyak orang. Perlahan tapi pasti, dia mampu menyulap Barca menjadi tim yang ditakuti.

Pada musim perdananya, Guardiola langsung mempersembahkan tiga trofi sekaligus yakni Liga Champions, La Liga dan Copa Del Rey. Bahkan di tahun 2009, Guardiola membawa Barca menjadi tim pertama yang memenangkan enam gelar sekaligus.

Setelah pindah ke Bayern Muenchen di tahun 2013, Guardiola juga sukses membawa klub barunya itu berjaya pada musim debunya. Bayern menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal pada musim lalu.

3 dari 6 halaman

2. Jose Mourinho

Mourinho sudah empat kali langsung mempersembahkan gelar juara pada musim perdananya melatih sebuah klub. Keempat klub yang dibawa Mourinho langsung juara adalah FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid.

Pria Portugal itu sukses membawa Porto, Chelsea dan Inter juara liga pada musim debut. Sedangkan saat melatih Madrid, Mourinho hanya memberikan trofi Copa del Rey. Di La Liga, Madrid kalah bersaing dengan Barcelona.

Rekor Mourinho selalu juara di musim pertama terhenti ketika kembali melatih Chelsea musim 2013/2014. The Blues gagal menghadang kedigdayaan Manchester City.

4 dari 6 halaman

3. Carlo Ancelotti

Ancelotti pernah tiga kali juara di musim debut. Pertama kali Ancelotti melakukannya bersama Juventus yang menjuarai Piala Intertoto tahun 1999.

Saat dipercaya melatih Chelsea, Ancelotti memberikan double winners di musim pertamanya di Inggris. Chelsea juara Liga Premier dan Piala FA musim 2009/2010.

Prestasi terhebat Ancelotti terjadi musim lalu. Pada musim pertama memoles Real Madrid, Ancelotti mampu membawa Los Blancos meraih trofi Liga Champions untuk kali ke-10. Madrid sudah menunggu La Decima sangat lama.

5 dari 6 halaman

4. Antonio Conte

Conte memang baru sekali membawa tim yang dilatihnya langsung juara di musim perdana. Namun pencapaian eks pelatih Bari ini terbilang istimewa.

Pria yang kini melatih timnas Italia itu sukses memberikan Scudetto kepada Juventus pada musim pertamanya 2011/2012. Yang lebih spesial, Juve saat itu menjadi juara Serie A dengan tanpa terkalahkan.

6 dari 6 halaman

5. Jacksen F. Tiago

Di Indonesia juga ada pelatih yang mampu membawa timnya berjaya di musim perdana. Dia adalah Jacksen F. Tiago. Pria Brasil ini sukses mengantarkan Persebaya Surabaya juara Divisi Satu Liga Indonesia tahun 2003. Bajul Ijo pun berhak promosi ke kasta tertinggi Liga Indonesia.

Meski berstatus sebagai tim promosi, Jacksen mampu menyulap Persebaya menjadi tim tangguh sehingga akhirnya keluar sebagai juara. Tangan dingin Jacksen kembali membuahkan gelar juara pada musim debut bersama Persipura Jayapura. Jacksen membantu Persipura menjuarai Liga Indonesia 2008/2009.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini