Sukses

Pemain Muslim Disanksi karena Selebrasi Sujud Syukur

Abdullah melakukan selebrasi seperti yang dilakukan Demba Ba.

Liputan6.com, Kansas - Pemain muslim American Football, Husain Abdullah, membuat heboh Amerika Serikat pada hari Senin (29/9/2014). Pria yang dikenal sebagai Muslim yang taat ini mendapat hukuman karena selebrasi sujud syukur saat klubnya Kansas City Chiefs melawan New England Patriots.

Abdullah melakukan selebrasi sujud syukur (seperti yang biasa dilakukan Demba Ba atau Evan Dimas dkk di Timnas U-19)  di tepi lapangan untuk merayakan keberhasilannya mencetak touchdown di kuarter keempat. Namun selebrasi ini malah membuat wasit memberikan hukuman penalti 15 yard kepada Abdullah karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif.

Hukuman yang diterima Abdullah ini menjadi perbincangan di media sosial. Sebab banyak pemain NFL yang beragama Nasrani juga melakukan selebrasi sambil berdoa.

Akun Twitter @TheMuslimGuy langsung membandingkan selebrasi sujud syukur Abdullah dengan yang dilakukan Brandon Marshall yang tidak terkena hukuman walau sama-sama berlutut di pinggir lapangan.

Beberapa fans menilai wasit menghukum Abdullah karena melanggar peraturan NFL mengenai selebrasi. Pemain NFL Nick Collins juga pernah terkena penalti 15 yard karena menampilkan selebrasi sekuler saat Super Bowl XLV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum terbiasa


Ada pula yang menduga wasit menjatuhkan hukuman karena belum terbiasa dengan kebiasaan Muslim atau tak mengetahui maksud selebrasi Abdullah.

Abdullah selama ini dikenal sebagai pemeluk Islam yang taat. Pria 29 tahun ini pernah memilih absen di musim 2012 untuk menunaikan ibadah haji bersama saudaranya Hamza, yang juga seorang pemain NFL.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini