Sukses

Satu Dekade Rooney Bertabur Prestasi di MU

Dia menjadi pembelian tersukses The Red Devils sejak didatangkan dari Everton pada Agustus 2004.

Liputan6.com, Manchester: Striker gempal Wayne Rooney menandai 10 tahun kariernya di Manchester United (MU). Agustus 2004, pemain berjuluk Wazza itu resmi pindah dari Everton ke MU.

Datang ke Old Trafford, Rooney menempati peringkat 8 dalam urutan pemain termahal di era Sir Alex Ferguson. The Red Devils merogoh kocek hingga 27 juta poundsterling. Nilai yang terhitung tinggi saat itu. Terungkap fakta, sang pemain menolak bergabung ke Newcastle United.

Rooney salah satu pembelian tersukses raksasa Premier League itu. Rooney mengawali debut gemilang mencetak hattrick ke gawang Fenerbahce pada 28 September 2004.

Suami Coleen McLoughlin itu sempat merasakan gelar Premier League 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11, 2012-13 serta satu gelar Liga Champions musim 2007-08.

Media Inggris, The Mirror merangkum statistik perjalanan karier Rooney 10 tahun membela MU. Selama bereseragam MU, Rooney telah menyumbangkan 219 gol di 228 laga. Rooney masih terpaut 30 gol dari legenda MU, Bobby Charlton yang mengemas 249 gol di selama 17 tahun dari 1956-1973.

Rooney pun kini menempati menempati urutan ketiga dalam daftar pencetak gol Premier League sepanjang masa mengemas 176 gol, termasuk saat masih memperkuat Everton. Pemain 28 tahun itu menggeser posisi Thierry Henry yang mengoleksi 175 gol saat masih memperkuat Arsenal 1999 hingga 2007. Kendati produktivitas gol terhitung tinggi, Rooney belum pernah merebut gelar top-scorer Premier League.

Dan selama 10 musim di MU, Rooney termasuk pemain yang jarang dikartu merah. Dia tercatat hanya mendapat 3 kartu merah. Dia terakhir kali dikartu merah wasit tampil lawan West Ham. Itu pertama sejak 2009. Selain piawai mencetak gol, Rooney juga rajin mengirim assist.Total, Ayah beranak 2 itu mampu memberikan 114 assist.

Atas pencapaian itu, pelatih baru Setan Merah, Louis Van Gaal menunjuk Rooney menjadi kapten tim. Mampu menularkan semangat pada pemain muda menjadi alasan utama pelatih asal Belanda itu.

"Wayne (Rooney) telah menunjukkan sikap yang baik terhadap segala yang dilakukannya. Saya terkesan dengan profesionalitasnya. Dia merupakan sosok inspirasi besar bagi para pemain muda," kata Van Gaal dikutip dari Soccerway.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney