Sukses

Basel vs Liverpool: Penuh Aroma Dendam

Basel menyingkirkan Liverpool di fase grup pertama Liga Champions musim 2002-03.

Liputan6.com, Basel - Matchday pertama Basel di Grup B Liga Champions 2014-15 berujung dengan kekalahan telak. Wakil Swiss itu ditekuk 1-5 oleh sang juara bertahan di Santiago Bernabeu. Berbeda dengan Basel, Liverpool yang baru kembali ke Liga Champions setelah lima musim absen menuai kemenangan 2-1 atas Ludogorets di Anfield. Dua gol The Reds dicetak striker anyar mereka, Mario Balotelli, dan kapten Steven Gerrard.

Basel tentu tak ingin mengulangi hasil serupa pada matchday kedua saat menjamu Liverpool di St. Jakob-Park, Kamis (2/10/2014) dinihari WIB. Kemenangan tentu ditargetkan pelatih Basel, Paulo Sousa. Jika tidak, hal ini akan makin memberatkan langkah Basel untuk bisa lolos dari fase grup. Liverpool pun juga demikian. Setidaknya pasukan Brendan Rodgers ini berharap dapat membawa pulang satu poin.

Menghadapi Liverpool, Basel diuntungkan dengan performa Gerrard cs yang kurang bagus pada awal musim Liga Premier Inggris. The Reds tercatat tiga kali kalah, dua menang, serta sekali imbang. Selain itu, Rodgers juga belum menemukan sosok pengganti Luis Suarez, yang pindah ke Barcelona, di lini serang. Balotelli yang diboyong dari AC Milan untuk menggantikan Suarez belum menunjukkan ketajamannya. Dari enam laga di semua ajang kompetisi, striker asal Italia itu baru mencetak satu gol.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/744823/original/078701700_1412134497-statistik-fc-basel-liverpool-1-yos-140930.jpg

Masalah lain yang dihadapi Liverpool adalah cederanya sejumlah pemain. Yang paling berpengaruh adalah absennya Daniel Sturridge. Penyerang berusia 25 tahun itu sudah absen dari lima laga terakhir. Pemain lain yang mengalami cedera adalah Emre Can, Glen Johnson, dan Joe Allen.

Laga ini penuh aroma denda, tentunya ada di pihak Liverpool. Basel pernah menyingkirkan Liverpool di fase grup pertama Liga Champions musim 2002-03. Liverpool yang harus menang jika ingin lolos ke fase grup kedua harus puas bermain imbang 3-3 di kandang Basel setelah pada babak pertama tertinggal 0-3. Wakil Inggris itu pun tersingkir lantaran hanya mengoleksi delapan poin, selisih satu angka dari Basel. Satu-satunya anggota tim yang masih tersisa adalah Gerrard.

Dari segi kualitas skuat, Liverpool tentunya lebih kuat dibanding Basel. Namun, Rodgers kerap memainkan skuat yang sama baik di Liga Premier Inggris, Piala Liga, dan Liga Champions. Al  hasil, faktor kelelahan menyelimuti Liverpool.

*Saksikan Live Streaming FC Basel Liverpool Kamis 2 Oktober Pukul 01:45 WIB. Klik di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.