Sukses

Kejurnas Karting Eshark Digelar Kembali di Sentul

Kejurnas Eshark National Karting Championship digelar tiga seri.

Liputan6.com, Jakarta: Pecinta otomotif utamanya gokart bisa kembali menikmati sajian Kejurnas "Eshark National Karting Championship" yang sempat menghilang selama 4 tahun. Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI bekerjasama dengan Go Motorsport kembali menghidupkan kejuaraan karting satu hari pada 26 Oktober mendatang.

Kejurnas akan digelar sebanyak tiga seri di Sirkuit Sentul. Setelah Oktober, kejurnas akan kembali digelar pada 16 November dan terakhir 7 Desember. Menurut Ketua Panitia yang juga mantan pembalap, Eris Mahpud, kejurnas ini akan melombakan 6 kelas yaitu kadet, micro, junior, senior, master dan girboks.

Yang membuat kejurnas Eshark unik yaitu karena format balap yang menggunakan format balap satu hari atau oen day race. "Ini dianggap bisa menghemat biaya sekaligus menguji kehebatan pembalap dengan keterbatasan waktu yang ada," ujar Eris.

"Kejurnas kali ini tentu akan diusahakan lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya. Awalnya saya iseng saja menggelar balap satu hari 20 April lalu tapi peminatnya ternyata banyak, maka itu kami sepakat gelar kejurnas. Untuk seri pertama kami targetkan sekitar 80 starter," tambahnya.

Seperti kejuaraan gokart yang sudah ada Rotax Max Challenge, Kejurnas Eshark National Karting Championship pun nantinya akan memberikan jalan bagi pegokart tampil di event internasional. Menurut Niki Tjonadi dari Go Motorsport! juara dari kejurnas ini untuk kelas junior akan mendapatkan satu slot mengikuti event internasional yang digelar FIA.

"Sedangkan untuk kelas lain mungkin tahun depan. Kami ingin melihat dulu animo peserta di tahun ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.