Sukses

Dapat Limpahan Emas, Indonesia Masih di Bawah Malaysia

Indonesia akhirnya resmi mendapat limpahan medali emas dari cabang wushu Asian Games.

Liputan6.com, Incheon - Indonesia akhirnya resmi mendapat limpahan medali emas dari cabang wushu Asian Games. Emas didapat setelah pewushu Malaysia Tai Cheau Xuen terbukti menggunakan doping saat bertanding.

"Dari wakil presiden OCA sudah mendapat kepastikan bahwa upaya banding Malaysia ditolak dan Indonesia dinyatakan berhak atas medali emas wushu," kata Ketua Kontingen Indonesia di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan, Ade Lukman, Kamis.

Dia mengatakan pernyataan positif doping atlet Malaysia Cheau Xuen Tai itu juga diperkuat oleh pernyataan dokter antidoping.

"Dokter antidoping tetap menyatakan atlet Malaysia itu positif, dan OCA juga telah melucuti medali mereka," tambah Ade Lukman.

Dengan demikian, pewushu Indonesia, Juwita Nisa Wasni, berhak mendapatkan medali emas tersebut. Sebab, Juwita adalah peraih medali perak saat itu. Sementara rekan senegara Juwita, Ivana Ardelia Irmanto, yang mendapat perunggu, otomatis akan meraih perak.

Dengan tambahan satu emas, Indonesia kini mengoleksi empat medali emas. Meski demikian, dalam klasemen sementara, Indonesia masih belum dapat menggeser posisi Malaysia.

Sebab, meski perolehan emas mereka dikurangi, Malaysia kembali menambah perolehan emasnya melalui cabang karate di nomor kata perorangan putra. Atlet mereka, Lim Chee Wei mempecundangi karateka Indonesia Fidelys Lolobua di nomor final dengan skor 2-3.

Malaysia pun menyamai perolehan emas mereka dengan Indonesia. Bahkan Malaysia unggul dalam perolehan perak, yakni 14 medali. Sementara Indonesia baru mengumpulkan lima perak.


Baca Juga:
Ogah Serahkan Medali Emas ke Indonesia, Malaysia Bakal Disanksi
Klub Ini Undang Suporternya Untuk Rubuhkan Stadion
Jadwal Pertandingan dan Live Streaming Liga Europa Dini Hari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini