Sukses

Indonesia Terima Bendera Asian Games dari OCA

Penyerahan bendara itu digelar dalam upacara penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Liputan6.com, Incheon - Delegasi NOC Indonesia menerima bendera Asian Games dari Komite Olimpiade Asia (OCA) sebagai simbol penyerahan penyelenggaraan ajang serupa 2018 mendatang dimana Indonesia menjadi tuan rumah seperti dilansir Antara.

Penyerahan bendara itu digelar dalam upacara penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Sabtu, yang dimulai dengan perhitungan mundur tanda penutupan dan diiringi nyanyian lagu "Rainbow" yang dibawakan paduan suara anak-anak.

Kemudian dilanjutkan dengan tari kolosal dari National Dance Company of Korea dan National Gugak Center Dance yang menggambarkan tentang perjalanan para atlet selama Asian Games 2014.

Setelah penampilan tarian kolosal, diputarlah film singkat tentang para atlet yang berhasil menjadi juara selama 16 hari pelaksanaan Asian Games.

Pada bagian kedua acara penutupan, diawali dengan masuknya pembawa bendera Korsel sebagai tuan rumah, kemudian diikuti defile atlet dari seluruh negara peserta.

Acara diramaikan dengan selingan penampilan grup K-pop yang membawakan beberapa lagu.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan Samsung Most Valuable Player (MVP) yang memilih atlet sebagai finalis. Setelah acara penyerahan atlet favorit, upacara diisi dengan sambutan Presiden Incheon Asian Games Olympic Comittee (IAGOC) dan penutupan Asian Games oleh Presiden OCA Sheikh Ahmad Al fahad Al Shabah.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penurunan bendera OCA sebagai tanda ditutupnya Asian Games 2014 dan sang Merah-Putih dikibarkan yang menandakan bahwa Indonesia tuan rumah Asian Games 2018.

Bendera OCA diserahkan oleh Presiden IAGOC kepada delegasi NOC Indonesia Rita Subowo.

Sebelum itu, presiden OCA juga menyerahkan obor kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan bendera Asian Games kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki TJahaja Purnama sebaga kota tuan rumah Asian Games 2018.

Kemudian acara diramaikan dengan penampilan 50 penari yang memantaskan tarian Indonesia seperti Reog Ponorogo, tari-tarian Betawi, dan Sumatera Selatan dengan iringan musik elektrik gambang kromong.

Acara penutupan asian Games 2014 Incheon diakhiri dengan tarian tradisional Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini