Sukses

Messi Sudah Cetak 100 Assist di Barcelona

Lionel Messi paling sering memberikan umpan saat melawan Madrid, Levante dan Valencia.

Liputan6.com, Barcelona: Lionel Messi tak hanya mengejar rekor gol terbanyak di Liga Spanyol yang dipegang Telmo Zarra, mantan striker Bilbao. Namun Messi juga sedang membangun rekor assist alias umpan untuk terciptanya gol di Liga Spanyol.

Sampai pertandingan melawan Rayo Vallecano, Messi tercatat sudah menorehkan 100 assist. Assist pertama Messi diberikannya pada 19 November 2005 saat melawan Madrid. 9 tahun setelah itu, Messi tercatat sudah memberikan assist untuk 29 klub berbeda.

Ada 3 klub yang paling sering menjadi sasaran umpan Messi yaitu Madrid, Levante dan Valencia. Tiga klub itu sudah menerima 7 kali assist dari Messi. Lalu disusul Getafe (6), Osasuna, Malaga, Almeria, Sevilla dam Rayo Vallecano (5).

Sedangkan pemain yang paling sering mendapatkan umpan dari Messi adalah Pedro. Pedro mendapatkan assist sebanyak 14 kali dari Messi. Lalu pemain lainnya yang juga banyak mendapatkan asssist dari Messi adalah Samuel Eto’o (13 gol) dan David Villa (10).  Pemain lain yang juga "kenyang" mendapatkan umpan Messi yaitu Iniesta (4 gol), Neymar (4), Alves (2), Adriano (1), Sandro (1) dan Rakitic (1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebaran Assist

Sedangkan sebaran assist Messi ternyata lebih banyak terjadi di laga tandang. Rinciannya yaitu 40 assist di Camp Nou, sedangkan 60 assist terjadi di laga tandang atau kandang lawan. Markas Madrid, Bernabeu menjadi stadion paling banyak dijadikan "lahan" umpan Messi yaitu 5 kali.

Ingin tahu rincian assist Messi? Simak detailnya di bawah ini:

 

Lawan Jumlah Assist
Real Madrid 7
Levante 7
Valencia CF 7
Getafe 6
Osasuna 5
Málaga 5
Almería 5
Sevilla 5
Rayo Vallecano 5
Athletic Club 4
Sporting de Gijón 4
Espanyol 4
Deportivo de La Coruña 3
Racing de Santander 3
Atlético de Madrid 3
Real Valladolid 3
Real Zaragoza 3
Granada CF 3
Celta de Vigo 3
Real Sociedad 3
Villarreal 2
Real Betis 2
Real Murcia 2
Xerez 1
Gimnástic de Tarragona 1
Mallorca 1
Tenerife 1
Cádiz 1
Numancia 1
  100

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.