Sukses

Perkiraan Formasi Timnas U-19 di Piala AFC

Ada 23 nama yang akhirnya terpilih masuk Timnas U-19 untuk mengikuti Piala Asia U-19 di Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, tentu tidak ingin sembarangan memilih pemain utama di ajang Piala Asia U-19 di Myanmar. Ada 23 nama yang akhirnya terpilih untuk mengikuti ajang sepakbola dua tahunan ini.

Persiapan yang dilakukan Indra Sjafri tak main-main. Dia membawa timnya melakoni serangkaian uji coba mulai dari Tur Nusantara I, Tur Timur Tengah, Tur Nusantara II, Hassanal Bolkiah Trophy, bahkan Tur Spanyol. Dalam kesempatan itu Indra membongkar pasang pemain di segala lini untuk melihat kesiapan masing-masing pemain.

Namun jika dilihat dari beberapa laga uji coba, Indra Sjafri sepertinya sudah mengantongi pemain inti di skuatnya. Berikut perkiraan susunan pemain utama Timnas U-19.

Formasi 4-3-3
Kiper: Ravi Murdianto
Bek: Putu Gede, Hansamu Yama, Sahrul Kurniawan, Fatchurochman
Tengah: Hargianto, Paulo Sitanggang, Evan Dimas
Depan: Ilham Udin, Muchlis Hadi, Maldini Pali.

Cadangan:
Kiper: Diky Indriyana, Rully Desrian
Bek: Febly Gushendra, Mahdi Fahri Albaar, Ricky Fajrin, Rudolof Yanto Basna
Gelandang: Hendra Sandi, Zulfiandi, Ichsan Kurniawan
Penyerang: Septian David, Dinan Yahdian, Dimas Drajad

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/748889/original/059851000_1412852615-susunan-pemain-indonesia-141009.jpg

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan

Di barisan penjaga gawang, Ravi Murdianto, kemungkinan akan menjadi kiper utama Timnas U-19. Ravi sendiri selalu menjadi pilihan utama sejak ajang Piala AFF 2013, Sidoarjo lalu.

Terlebih kini pesaing utama Ravi, Awan Setho tidak turut serta akibat cedera sebelum tur Spanyol lalu. Sejauh ini dua kiper lainnya, Rully desrian dan Diky Indriyana belum mampu menunjukkan performa terbaiknya di bawah mistar gawang Timnas U-19.

Di lini pertahanan, nama Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Sahrul Kurniawan, dan Muhamad Fatchurochman, diperkirakan akan mendominasi persaingan. Namun bagi Putu Gede, posisinya mampu tergantikan Mahdi Fahri Albaar yang dalam beberapa kesempatan mampu bermain gemilang sebagai bek kanan.

Persaingan ketat terjadi di lini tengah. Indra Sjafri sudah merotasi lini tengahnya sejak tur Nusantara jilid I lalu. Semula trio gelandang, Evan Dimas, Hargianto, dan Zulfiandi selalu mengisi lini tengah di Piala AFF 2013 lalu.

Namun kini ada satu gelandang kreatif yang mampu menggantikan peran ketiganya, Paulo Sitanggang. Ia mampu menjawab kebutuhan Indra akan dua sosok gelandang kreatif dalam timnya yang sebelumnya tidak ia miliki saat ditahan imbang Myanmar di laga uji coba.

Di lini depan, sepertinya ketajaman Muchlis Hadi mulai terkikis oleh kegigihan Dimas Drajad dan Dinan Yahdian. Namun untuk pilihan di kiri dan kanan penyerangan, nama Ilham Udin dan Maldini Pali sepertinya belum mampu tergantikan.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/748889/original/059851000_1412852615-susunan-pemain-indonesia-141009.jpg

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini