Sukses

Barcelona Tak Gentar Dukung Kemerdekaan Katalunya

Barcelona bahkan sudah kirimkan surat dukungan resmi untuk referendum Katalunya yang ditandatangani Presiden Josep Maria Bartomeu.

Liputan6.com,Barcelona: Barcelona tidak pernah gentar dalam mendukung referendum yang bisa berujung kemerdekaan untuk Katalunya. Otoritas sepak bola Spanyol (LFP) awalnya berharap Barcelona akan menarik dukungan referendum Katalunya karena diperingatkan bisa keluar dari La Liga.

Ancaman keluar dari La Liga sedikit banyak memang membuat dewan direksi Barcelona gelar rapat pada Senin lalu. Hasilnya, Barcelona dinyatakan mendukung penuh referendum Katalunya yang akan digelar 9 November nanti.

"FC Barcelona sudah teken dukungan untuk referendum Katalunya dalam menentukan masa depan mereka," bunyi pernyataan klub di situs resmi mereka. "FC Barcelona sudah membuat surat resmi dari Presiden Josep Maria Bartomeu kepada kordinator Pakta referendum Joan Rigol."

"Pakta referendum sudah menyatukan sekitar 3500 organisasi dan asosiasi dari berbagai latar belakang sosial yang akan mendukung hak rakyat Katalunya dalam menentukan nasib mereka."

Jika Barcelona terusir dari La Liga, maka ada kemungkinan Barcelona gabung dengan Ligue 1 Prancis. Seperti diketahui, Ligue 1 cukup antusias untuk menyambut klub asal Katalunya itu untuk bergabung.

Di satu sisi, potensi hilangnya Barcelona dari La Liga justru membuat Real Madrid khawatir. Pemain Madrid mengakui jika mereka membutuhkan Barcelona. Rivalitas panjang di El Clasico bakal hilang jika Barcelona tak ada di La Liga.

Baca juga:

Dipecundangi Uzbekistan, Timnas U-19 Akui Melakukan Kesalahan

Bintang Porno Ini Sedih Timnas U-19 Dikalahkan Uzbekistan

Timnas U-19 Dipecundangi Uzbekistan 1-3

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.