Sukses

Perjalanan Karier Marc Marquez di MotoGP

Marquez mampu menorehkan sejumlah rekor sejak naik ke kelas MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta- Oleh: Muhammad Ridwan, -
 
Marc Marquez berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP meski hanya finis di posisi kedua pada balapan di Sirkuit Motegi, Minggu (12/10/2014) lalu.
 
Dengan finis di urutan dua, pembalap asal Spanyol itu mengoleksi 312 poin dari lima belas race yang telah ia lakoni dan tidak bisa dikejar lagi oleh pesaing terdekatnya Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang baru mengumpulkan 230 poin mengingat MotoGP 2014 tinggal tersisa tiga seri lagi.
 
Marquez memulai debut membalapnya pada tanggal 13 April 2008 di kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda Spanyol yang berhasil merebut pole position dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.
 
Dikelas 125 cc tersebut Marquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut.
 
Pada tahun 2010, anak dari pasangan Julia Marquez dan Rosser Alenta itu berhasil menjadi juara termuda di usianya yang baru menginjak 17 tahun.
 
Lalu ditahun 2011, Marquez naik ke kelas Moto2, bergabung  dengan tim baru Monlau Competición. Di tahun itu Marquez mendapat predikat Rookie of The Year setelah berhasil meraih tujuh kemenangan dan tiga kali menjadi runner-up.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2014

Tahun 2012 menjadi tahun yang penuh warna bagi pemilik nomor 93 itu. Hampir kehilangan semua preseason karena cedera pada 2011. Namun ia memulai seri pertama dengan hasil gemilang dan menutup musim kompetisi Moto2 sebagai juara.
 
Kemudian di tahun berikutnya Marquez naik ke kelas para raja, sebagai rookie seharusnya ia bergabung terlebih dahulu dengan tim satelit. Tetapi tim Repsol Honda yang kehilangan Casey Stoner memperjuangkan Baby Alien (julukan Marquez) agar bisa membalap bersama pabrikan asal Jepang itu.
 
Kepercayaan itu dibayar lunas oleh Marquez. Pada balapan pertamanya di kelas MotoGP di Qatar, Marquez finis di posisi ketiga. Lalu ia berhasil menjadi juara termuda saat tampil di sirkuit Austin, Texas.
 
Setelah merebut enam kali kemenangan di musim debutnya ini, Marquez akhirnya menjadi juara dunia termuda.
3 dari 3 halaman

Mengawali balapan tahun 2014 sebagai pemegang juara dunia, rekan setim Dani Pedrosa itu berhasil meraih sepuluh kemenangan beruntun di MotoGP. Kemudian di seri balapan ke sebelas di Republik Ceko, Marquez secara mengejutkan hanya berada di posisi keempat.
 
Marquez yang ingin mempertahankan gelar juara MotoGP itu kembali menempati posisi pertama dibalapan berikutnya. Sayangnya Marquez membuat kesalahan di race San Marino dan Aragon sehingga harus puas finis diposisi 15 dan 13. Marquez harus menunggu hingga di sirkuit Montegi untuk memastikan mempertahankan gelar juaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini