Sukses

Fans Eibar Sebut Nou Camp Seperti Penjara

Untuk pertama kali sepanjang sejarah, klub yang berdiri pada 1940 itu menembus kasta tertinggi di liga Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona: Laga Barcelona vs Eibar di jornada ke-7 ke La Liga di Camp Nou, Sabtu (18/10/2014) atau Minggu dinihari WIB membuat pendukung tuan rumah was-was. Pendukung Eibar merasa mendapat perlakuan berbeda.

Diskriminasi itu terlihat jelas saat mereka dilarang membawa atribut Eibar masuk ke dalam stadion. Padahal, ini kesempatan perdana fans Eibar menyaksikan langsung tim kesayangan berlaga di markas raksasa La Liga itu.

Musim ini, Eibar berstatus sebagai tim promosi. Untuk pertama kali sepanjang sejarah, klub yang berdiri pada 1940 itu menembus kasta tertinggi di liga Spanyol.

Eibar tampil di La Liga setelah tampil sebagai juara Segunda Division. Eibar naik kasta ke Liga bersama Deportivo La Coruna dan Cordoba. Pengalaman pertama Eibar di La Liga tidak terlalu mengecewakan. Tim asal Basque itu kini menempati peringkat 9 mengemas 9 poin, hasil dari 2 kemenangan, 3 hasil imbang serta 2 kekalahan.

Suporter Eibar tidak bisa lepas memberikan dukungan karena pengamanan berlapis pihak keamanan Camp Nou. Seorang pendukung Eibar menilai, stadion berkapasitas 99 ribu tempat duduk itu seperti penjara. "Ini stadion atau penjara," tulis fans Eibar di Twitter dikutip dari Marca.

Pendukung Eibar lainnya, mengaku mendapat kiriman surat dari manajemen stadion setelah memegang tiket pertandingan. "Anda tidak diizinkan memakai atribut yang menandakan, Anda pendukung Eibar," begitu bunyi penggalan surat itu.

Sejauh ini belum diketahui, apakah aturan ketat di Camp Nou akan membuat pendukung Eibar 'ogah-ogahan' datang ke Camp Nou. Tapi tentunya, suporter Eibar harus beradaptasi dengan tekanan dan atmosfer di La Liga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Eibar