Sukses

Jadikan Indonesia Lumbung Gol, UEA Lolos ke Perempat Final

Kemenangan 4-1 atas Indonesia membuat UEA tampil sebagi juara grup B. UEA menang produktivitas gol atas Uzbekistan dan Australia.

Liputan6.com, Nay Pyi Taw: Timnas U-19 Indonesia menutup turnamen AFC Cup 2014 dengan tragis. Di partai pamungkas grup B kontra Uni Emirat Arab (UEA), Si Garuda Jaya harus menelan kekalahan telak 1-4, Selasa (14/10/2014) di Wunna Theikdi Stadium.

Sinyal kegagalan Indonesia sebenarnya telah terlihat di babak pertama setelah tertinggal 0-2 melalui gol cepat di menit 10 melalui gol yang dicetak Mohamed Alakberi dan Ahmed Al Hasmi di menit 23 lewat tendangan bebas. Skor 2-0 untuk keunggulan UEA bertahan hingga turun minum.

Memasuki di babak dua, UEA kembali menambah gol melalui Saeed Jassim Saleh di menit 50. Selang dua menit kemudian, giliran Indonesia memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 melalui manuver Dimas Drajad. Dia memperdaya kiper UEA, Mohammad Busanda Alfalahi lewat tendangan jarak dekat di dalam kotak penalti setelah mendapat umpan terobosan dari Evan Dimas.

Sayang, gol dari Dimas tidak mampu membangkitkan tim asuhan Indra Sjafri itu untuk menambah pundi-pundi gol. Sebaliknya, Indonesia kembali kecolongan melalui Ahmed Al Ghilani di menit 79. Lepas dari kawalan pemain belakang, Al Ghilani menjebol gawang Ravi. UEA menjadikan Indonesia Lumbung gol.

Kemenangan ini membuat UEA tampil sebagai juara grup B. UEA lolos ke perempat final bersama Uzbekistan. Sedangkan, Australia yang bermain imbang 1-1 di pertandingan terakhir kontra Uzbekistan harus tersingkir dari turnamen setelah menempati peringkat 3 klasemen.

Dari klasemen grup B, tiga tim: UEA, Uzbekistan dan Australia sama-sama mengemas lima poin. Namun, Uzbekistan yang memiliki produktivitas gol lebih baik dari Australia berhak melangkah ke babak berikutnya.

UEA sebelumnya tidak diunggulkan melaju ke babak berikutnya karena hanya mendapatkan dua hasil imbang. Namun kemenangan besar atas Indonesia mengubah segalanya. UEA mengoleksi 7 gol, satu gol lebih banyak dari Uzbekistan yang menempati peringkat dua.

Susunan Pemain

Timnas UEA U-19: Mohammad Busanda Alfalahi (GK), Mansur Abdulla Ali Hasan Shawkan, Ahmed Rashid, Abdalla Ghanim Juma, Ali Salmin Alblooshi, Ahmed Alhashmi, Mohammad Abdulbasit, Khalfan Mubarak Alshamsi, Mohamed Alakberi, Zayed Abdulla, Marwan Ali Mohammad Ibrahim

Timnas Indonesia U-19: Ravi Murdianto (GK), Mahdi Fahri Albaar, Hansamu Yama Pranata, Sahrul Kurniawan, Ichsan Kurniawan, Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Maldini Pali, Ilham Udin Armaiyn, Dimas Drajad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini