Sukses

Deretan Rekor CR7 Bersama Madrid

Cristiano Ronaldo terus mengejutkan semua orang dengan statistiknya dalam hal mencetak gol, gelar juara, dan penghargaan individu.

Liputan6.com, Jakarta - Luar biasa! Kata ini pantas ditujukan kepada bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal yang kerap disapa CR7 ini, sepertinya tidak pernah berhenti membuat rekor baru, terutama dalam urusan mencetak gol.

Kekasih model seksi, Irina Shayk ini, bukan hanya menorehkan catatan menakjubkan di liga domestik, tapi juga sudah melebihi  rekor di level Eropa.

Penampilan Ronaldo sejauh ini memang sangat mengesankan. Pemain dengan julukan CR7 itu, terus mengejutkan semua orang dengan statistiknya dalam hal mencetak gol, gelar juara, dan penghargaan individu. Dan, tahun 2014 ini Ronaldo sepertinya akan menjadi mesin pemecah rekor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pencetak Gol Terbanyak La Liga

Ronaldo saat ini sedang menyelesaikan tahapan liga secara spektakuler dan ke 13 gol yang telah dicetaknya merupakan referensi di sepakbola Eropa. Tidak ada pemain lain di antara 10 Liga terbaik di Eropa yang mampu mencapai jumlah gol pemain Portugal tersebut dalam kompetisi ini.

Seperti dilansir situs resmi Madrid, Ronaldo sejauh ini telah mencetak gol dalam enam pertandingan kompetisi Liga yang telah dimainkannya. Aksi luar biasa yang paling menonjol adalah hat-trick yang dicetaknya saat melawan Deportivo dan Athletic, dan keempat golnya saat melawan Elche. Sekadar catatan Ronaldo dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak La Liga 2013/14.

Secara statitsik dengan rataan 2,16 gol per pertandingan saat ini, jika Ronaldo bisa mempertahankan performanya dan bermain sebanyak setidaknya 34 pertandingan seperti beberapa musim terakhir), maka ia akan menyelesaikan musim dengan torehan 73 gol. 

3 dari 5 halaman

Ronaldo Paling Subur di Daratan Eropa

Ronaldo juga mencatat rekor yang lebih fenomenal lagi. Dari 116 klub di 6 liga top Eropa, sebanyak 104 tim di antaranya tak bisa melebihi catatan gol Ronaldo.

Hanya Real Madrid (25), Olympique de Marseille (23), Chelsea (21), Barcelona dan Benfica (19), Valencia (17), Bayern Munich, Bordeaux, Lyon dan PSG (15), Manchester City dan Vitoria SC (14 ) yang mencetak lebih banyak gol daripada superstar Portugal itu.

13 gol yang dibuat CR7 juga melampui pencetak gol terbanyak lainnya di Liga terbaik Eropa. Berikut adalah para pencetak gol terbanyak lainnya di antara sepuluh Liga Eropa sesuai ranking koefisien terakhir dari UEFA. Diego Costa (Inggris) Gignac (Perancis) dan Gounongbe (Belgia) dengan 9 gol. Kemudian, Rondon (Rusia): 7 gol; Tevez (Italia), Talisca (Portugal) dan Kramer (Belanda): 6 gol; Okazaki (Jerman), Xavier, Gladkiy, Bruno Gama, Kravets dan Yarmolenko (Ukrania): 5 gol.

Terakhir Ronaldo memperpanjang rekornya, saat membawa kemenangan Timnas Portugal 1-0 atas Denmark dalam laga fase grup kualifikasi Piala Eropa 2016, Rabu (15/10/2014) dinihari WIB. Ronaldo mencetak gol di menit-menit akhir, dan ini merupakan golnya yang ke-22 di ajang Piala Eropa (kualifikasi dan putaran final).

4 dari 5 halaman

Peraih Sepatu Emas

Ronaldo harus berbagi Sepatu Emas dengan mantan bomber Liverpool Luis Suarez. Kedua penyerang itu sama-sama mengoleksi 31 gol pada musim lalu.

Bagi Ronaldo ini menjadi yang kedua kalinya bersama Madrid. Sebelumnya, mantan pemain termahal dunia tersebut juga pernah meraihnya ketika masih bermain untuk Manchester United pada 2008.

Pada musim 2010/11, Ronaldo menjadi pemain kedua Madrid yang merebut Sepatu Emas. Dia mendapatkannya setelah mengoleksi 40 gol dalam semusim. Pemain pertama El Real yang meraih itu adalah Hugo Sánchez, dengan 38 gol. 

5 dari 5 halaman

Pemain Terbaik Eropa

Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik Eropa musim 2014. Dia berhasil mengalahkan dua pesaingnya yang berasal dari Bayern Muenchen, Manuel Neuer dan Arjen Robben. 

Alasan penilaian karena musim lalu, Ronaldo sukses mengantarkan Madrid juara Liga Champions. Ia bahkan mampu mencetak 17 gol dari 11 penampilannya.

Sejak 2011 lalu, Ronaldo selalu berada di daftar tiga besar kandidat Pemain Terbaik Eropa. Ia kalah bersaing dengan Lionel Messi (2011), Andres Iniesta (2012), dan Franck Ribery (2013). Penilaian di ajang ini dilakukan oleh 54 wartawan olahraga yang tersebar di negara-negara Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini