Sukses

Banyuwangi Promosikan Wisata Lewat Tour de Ijen

"Ini bagian dari konsep sport tourism yang kami kembangkan agar potensi wisata daerah berkembang."

Liputan6.com, Banyuwangi: Untuk kali ketiga International Tour de Banyuwangi Ijen digelar. Event balap sepeda yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tersebut akan berlangsung dari 16-19 Oktober 2014. Balapan sepeda yang menantang karena menjelajahi kawasan lereng gunung ini berlangsung selama empat etape.

Etape pertama bakal menempuh jarak 180,78 kilometer dengan start dari Pendopo Kabupaten Banyuwangi menuju Pantai Pulau Merah. Rute ini merupakan rute pemanasan. Sementara di etapi kedua, para pembalap menempuh jarak 100 kilometer.

Mereka akan melintasi jalanan di kawasan sisi Selatan Banyuwangi dengan pemandangan sawah dan sungai yang berkelok-kelok sepanjang jalan, tepatnya sungai Kebondalem-Bangorejo. 

Untuk etape ketiga, para pembalap akan melewati 14 kecamatan di Banyuwangi, di mana di akhir etape bakal "disiksa" tanjakan Ijen yang luar biasa menantang. Di lereng erek-erek Ijen, mereka akan beradu pancal dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.799 meter di atas permukaan laut.Terakhir, para pembalap akan kembali menempuh rute flat sepanjang 140,5 kilometer dengan rute dari Kecamatan Kalibaru dan finis di kantor Pemkab Banyuwangi.

Bukan tanpa alasan jika rute International Tour de Banyuwangi Ijen melintasi atau mendekati destinasi wisata, seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan agrotourism Kalibendo.

"Dengan melintasi atau mendekati destinasi wisata, ajang balap sepeda internasional ini juga akan sekaligus mempromosikan wisata Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam opening ceremony di Taman Blambangan Banyuwangi, Rabu (15/10/2014) malam WIB.

"Ini bagian dari konsep sport tourism yang kami kembangkan agar potensi wisata daerah berkembang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.