Sukses

6 Atlet dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia Versi Forbes

Kebanyakan pendapatan mereka diperoleh dari sponsor pribadi.

Liputan6.com, Jakarta- Di era saat ini, dunia olahraga telah menjadi industri. Banyak atlet top dunia yang menjadi jutawan berkat prestasi di atas lapangan dan pesona di luar arena.

Biasanya para atlet ini meraup banyak uang dari gaji selangit atau pendapatan dari bertanding untuk olahraga seperti tinju dan golf. Pundi-pundi mereka semakin tebal bila dikontrak perusahaan ternama sebagai bintang iklan.

Berikut 6 atlet dengan pendapatan terbesar di tahun 2014 menurut majalah Forbes per Juni 2014:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Floyd Mayweather

Petinju Amerika Serikat ini berhasil menduduki peringkat pertama atlet terkaya di tahun 2014. Pendapatan Mayweather dalam setahun terakhir mencapai 105,5 juta dolar.

Hebatnya lagi, seluruh pendapatan Mayweather diperoleh dari hasil tanding di atas ring. Mayweather tidak mendapat sepeserpun dari sponsor pribadi.

3 dari 7 halaman

2. Cristiano Ronaldo

Kehebatan di atas lapangan plus wajah rupawan membuat Ronaldo berada di posisi kedua atlet dengan pendapatan terbesar dalam setahun terakhir. Total Ronaldo mendapat 80 juta dolar.

52 juta dolar diantaranya didapat Ronaldo dari gajinya di Real Madrid. Sisa 28 juta berasal dari sejumlah perusahaan yang menjadi sponsornya.

4 dari 7 halaman

3. LeBron James

James berada di posisi tiga berkat besarnya bayaran yang diperoleh dari sponsor pribadi. Dari 72,3 juta dolar pendapatan James, 53 juta dolar berasal dari sponsor.

Pebasket Cleveland Cavaliers ini dikontrak perusahaan top seperti Nike, McDonald's, Coca-Cola hingga Upper Deck.

5 dari 7 halaman

4. Lionel Messi


Total pendapatan Messi setahun terakhir 64,7 juta dolar. Barcelona menjadi penyumbang terbesar bagi kas Messi. Mereka memberikan gaji 41,7 juta dolar setahun.

Adapun dari sponsor pribadi, Messi memperoleh 23 juta dolar atau selisih lima juta dari Ronaldo.

6 dari 7 halaman

5. Kobe Bryant

Meski sudah termakan usia, Bryant masih termasuk atlet dengan pendapatan terbesar di tahun 2014. Bryant meraup 61,5 juta dolar.

Gaji Bryant di Los Angeles Lakers mencapai 30,5 juta dolar setahun. Sedangkan pendapatan dari sponsor pribadi seperti Nike menembus 31 juta dolar.

7 dari 7 halaman

6. Tiger Woods

Karier Woods sempat meredup gara-gara skandal seks. Namun Woods masih mampu meyakinkan sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor pribadinya agar tidak lari.

Hampir 90 persen pendapatan Woods setahun terakhir berasal dari sponsor pribadi sebesar 55 juta dolar. Woods 'hanya' mendapat 6,2 juta dolar dari hadiah mengikuti turnamen golf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini