Sukses

Rekam Jejak Messi Selama 10 Tahun di Barcelona

Messi melakukan debutnya untuk tim senior Barcelona pada 16 Oktober 2014 melawan Espanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Tak terasa, Lionel Messi sudah berseragam Barcelona selama sepuluh tahun. Banyak rekor yang telah dibuatnya bersama Los Blaugrana (sebutan Barcelona).

Messi melakukan debutnya untuk tim senior Barcelona pada 16 Oktober 2014 melawan Espanyol. Pada musim itu, dia menjadi pemain termuda ketiga Barcelona di La Liga. Saat itu usianya masih 17 tahun 114 hari.

Sudah sedekade di Stadion Camp Nou membiat pria asal Argentina itu sangat bahagia. Dia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada kolega terdekatnya.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua keluarga, teman, kolega dan seluruh staf di FC Barcelona untuk semua dukungannya dalam 10 tahun ini," kicau Messi di Facebook pribadinya.

"Saya selalu menikmati setiap menit bersama Barcelona. Saya ingin terus menjadi lebih baik dan memenangkan gelar lebih banyak bersama tim," tegas pria berusia 27 tahun tersebut.

Lalu apa saja torehan emas yang sudah digapai Messi dalam satu dekade terakhir bersama Los Blaugrana? Berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gelar pertama

Messi melakukan debutnya di La Liga pada musim 2004-05. Di awal kariernya dia sudah mempersembahkan gelar La Liga untuk Barcelona.

Hanya saja, saat itu, Messi belum menjadi pemain inti Los Blaugrana. Dia masih kalah dari seniornya, Ronaldinho. Pada musim tersebut, Messi hanya bermain di tujuh pertandingan La Liga dengan mencetak satu gol.

3 dari 7 halaman

Reinkarnasi Maradona

Messi mengunci posisinya di skuat utama Los Blaugrana pada musim 2006-07. Dia berhasil mencetak 14 gol dari 26 penampilan di La Liga.

Masih di tahun yang sama, Messi membuktikan diri kalau dirinya adalah reinkarnasi legenda Argentina, Diego Maradona. Dia mencetak gol yang sangat mirip dengan Maradona, Messi melakukannya saat menghadapi Getafe di ajang Copa del Rey, 18 April 2007.

Messi berlari dari tengah lapangan, jaraknya sekitar 62 meter, dia menggocek enam pemain lawan (termasuk kiper) untuk menjebol gawang Getafe. Sementara Maradona melakukannya ketika Argentina melawan Inggris di Piala Dunia 1986.

4 dari 7 halaman

Laga ke-100

Pada 27 Februari 2008, Messi melakukan laga ke-100 bersama Barcelona saat melawan Valencia. Tidak hanya itu saja, Messi dinobatkan oleh media asal Spanyol, Marca sebagai pemain terbaik 2007. Dia memperoleh 72 persen suara.

5 dari 7 halaman

Hattrick Pertama

Setelah kepergian Ronaldinho pada tahun 2008, Messi mulai menjadi pemain yang paling diandalkan Barcelona. Kepercayaan yang diberikan manajemen Barcelona, dibayar tuntas oleh Messi.

Dia mencetak hatrik pertamanya untuk Los Blaugrana saat menghadapi Atletico Madrid di ajang Copa del Rey. Hatriknya membuat Barcelona menang 3-1.

6 dari 7 halaman

Pemain Terbaik di Bumi

Meski berpostur mini, Messi mengukuhkan dirinya sebagai pemain terbaik dunia. Dia menyabet gelar FIFA Ballon d'Or secara empat kali berturut-turut, yakni tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012.

Tidak hanya itu saja, Messi juga merupakan top skor Liga Champions dalam empat tahun beruntun. Messi melakukannya pada tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012.

7 dari 7 halaman

Di Piala Dunia 2014



Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil menjadi panggung besar untuk seorang Messi. Dia mengantarkan negaranya, Argentina melangkah hingga babak final. Tapi sayang, Argentina kalah 0-1 dari Jerman di partai pamungkas.

Namun demikian, Messi berhasil menjadi pemain terbaik di Piala Dunia 2014. Ini adalah trofi pertama Messi di ajang empat tahunan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona