Sukses

8 Fakta Menarik Jelang Barcelona vs Ajax

Ajax telah menelan enam kekalahan pada tujuh laga terakhir mereka di Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona akan bertemu Ajax Amsterdam di fase Grup F Liga Champions, Rabu (22/10/2014) dini hari WIB, di Camp Nou. Kedua tim pernah bertemu di ajang yang sama pada musim lalu. Saat itu, Barcelona menang 4-0 di Camp Nou. Ajax kemudian membalas 2-1 di Amsterdam Arena.

Bagi Ajax dan Barcelona, ini adalah laga ketiga di babak penyisihan grup. Pada laga pembuka grup F, Blaugrana menang 1-0 atas APOEL. Namun, di pertandingan kedua Barcelona menelan kekalahan dari Paris Saint-Germain (PSG) 3-2.

Sedangkan Ajax, mencatat dua kali seri ketika melawan PSG dan APOEL. Saat ini tim asal Belanda tersebut, menempati urutan ketiga klasemen grup.

Pertemuan Barcelona kontra Ajax sejauh ini selalu menyajikan hasil menarik. Termasuk beberapa fakta dan data menarik:  

- Barcelona belum pernah mengalami kekalahan saat bertemu klub dari Belanda, dengan catatan empat kali menang dan tiga kali imbang. Sedangkan, Ajax telah menelan enam kekalahan pada tujuh laga terakhir mereka di Spanyol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak terkalahkan


- Barcelona baru sekali menelan kekalahan pada 28 laga Liga Champions terakhir di kandang. Sedangkan, Ajax tidak pernah bisa menang dalam 8 laga terakhir mereka di Liga Champions. Ketika musim lalu menang atas Barcelona di Amsterdam, itu merupakan kemenangan pertama mereka atas tim Spanyol sejak 2003/04.

- Barcelona belum terkalahkan di 12 laga tarakhir disemua ajang. Sementara Ajax Amsterdam belum terkalahkan di delapan laga terakhir disemua ajang.

- Lionel Messi kembali diandalkan di lini depan El Barca, tercatat dirinya sudah mengoleksi tujuh gol dan tujuh asisst di ajang La Liga. Sebaliknya, Kolbein Sigborsson kembali diandalkan di lini depan Ajax, dirinya sudah mencetak empat gol di liga domestik.

3 dari 3 halaman

Duel sahabat


- Pelatih Barcelona, Luis Enrique, dan Frank de Boer (pelatih Ajax) adalah rekan satu tim di Barcelona antara 1999 sampai 2003. Namun, keduanya juga pernah berhadapan sebagai lawan saat Enrique memperkuat Real Madrid dan De Boer membela Ajax dalam babak grup Liga Champions September 1995.

- De Boer adalah asisten pelatih timnas Belanda yang kalah 0-1 oleh Spanyol di final Piala Dunia 2010. Namun, De Boer pernah mencetak dua gol ke gawang Spanyol saat memperkuat timnas Belanda.

- Bintang baru Barcelona yang sedang dihukum larangan tanding, Luis Suarez, pernah membela Ajax antara 2007-2011. Suarez sempat tampil dalam 110 laga Eredivisie dan mencetak 81 gol.

- Bek Barcelona Thomas Vermaelen bermain untuk Ajax antara 2003-2009 (tampil dalam 98 partai di Eredivisie), menyabet gelar juara Liga Eredivisie dan dua Piala Belanda dan menjadi kapten tim.

 

Baca Juga:
Mourinho Kritik Perlakuan Del Bosque pada CostaVan Gaal Sedih MU Ditahan Imbang WBAPemain Muda Setan Merah Laris Diperebutkan Klub Liga Premier

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini