Sukses

Persipura Incar Indra Sjafri Gantikan Jacksen Tiago

Ada 5 nama, termasuk Indra Sjafri, yang diproyeksikan mengganti posisi Jacksen Tiago sebagai pelatih Persipura.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura mulai mengincar sejumlah pelatih ternama yang kaya akan pengalaman guna membesut Boaz TE Salossa dan kawan-kawan. Dia akan menggantikan posisi Jacksen Tiago yang keluar dari tim Mutiara Hitam.

"Pada jumpa pers dua hari lalu kan ada rekan wartawan yang menyebutkan empat hingga lima nama pelatih, salah satu di antaranya yang kami incar," kata Juru Bicara Persipura Jayapura Rocky Bebena, Kamis (23/10/2014).

Rocky menyebutkan, nama-nama pelatih itu yakni Nil Maizar, Rahmad Darmawan, Indra Sjafri, Suharno, dan Antonio Puche. Nama terakhir adalah pelatih Al Qadsia yang menukangi Daniel Subotic dan kawan-kawan saat menghempaskan Persipura 0-6 di semifinal kedua Piala AFC akhir September lalu.

Empat nama pelatih yang disebutkan tadi, merupakan pelatih asal Indonesia yang memiliki sejumlah prestasi. Suharno dan Rahmad Darmawan pernah membesut Persipura Jayapura.

Suharno pernah menyelamatkan tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu dari jurang degradasi, setelah pelatih Yudi Sudartha dipecat di tengah jalan. Sementara Rahmad Darmawan membawa Persipura meraih juara Liga Indonesia yang pertama edisi 2005.

Untuk pelatih Indra Sjafri, seperti diketahui baru saja mengarsiteki timnas U-19, pasukan Garuda Jaya pada Kejuaraan U-19 AFC 2014 di Myanmar.

Indra juga merupakan sosok pelatih sukses yang membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013 setelah di final mengalahkan tim kuat Vietnam dalam pertandingan dramatis yang berujung adu penalti.

Sementara pelatih Nil Maisar, pernah membawa Semen Padang meraih peringkat keempat Liga Super Indonesia dan berlaga di Piala AFC sampai fase perdelapan final. Nil juga sempat mengarsiteki Timnas U-23 saat induk organisasi PSSI terpecah menjadi dua bagian.

"Kami hanya sebatas mengincar pelatih tersebut. Tapi saat ini Jacksen masih pelatih Persipura," tutup Rocky.

Usai laga Persipura menjamu Arema Cronous dengan skor akhir 2-1 untuk tuan rumah, pelatih Suharno sempat ditanyai apakah tertarik untuk melatih Boaz TE Salossa dan kawan-kawan, namun enggan menjawab secara langsung.

"Sementara ini saya fokus dulu untuk tim, kami masih dalam kompetisi delapan besar Liga Super Indonesia," jawabnya sambil berlalu. (Ant)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini