Sukses

El Clasico Edisi ke-169 Spesial Buat Messi

La Pulga di ambang rekor memecahkan rekor milik legenda Madrid, Telmo Zarra.

Liputan6.com, Barcelona: El Clasico di ajang La Liga akhir pekan ini terasa spesial bagi bomber Barcelona, Lionel Messi.  Bomber berjuluk La Pulga itu di ambang rekor baru menyamai catatan gol milik legenda La Liga dan Spanyol, Telmo Zarra.

Pemain asal Argentina itu sejauh ini telah mencetak 250 gol di ajang La Liga sejak bergabung ke tim utama Barcelona pada 2004. Pemain terbaik dunia empat kali beruntun itu hanya butuh dua gol untuk memecahkan catatan gol Zarra yang bertahan selama 65 tahun dan satu gol untuk menyamai rekor mantan bintang Athletic Bilbao itu. Zarra melesakkan 251 gol dalam rentang waktu 1940-1955.

Bila Messi mampu mencetak sepasang gol ketika menghadapi Madrid, Sabtu (25/10/2014), pemain 27 tahun itu hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk melampaui gol Zarra; sedangkan Zarra hanya membutuhkan waktu 5 tahun lebih lama untuk menuliskan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga.

Menghadapi pertandingan ini, Messi menjadi 'Raja gol' El Clasico di semua kompetisi termasuk Eropa. Total, Messi mencetak 21 gol di El Clasico, 14 di antaranya tercipta di ajang La Liga.

Sedangkan, torehan gol Messi jauh di atas bintang Barcelona, Cristiano Ronaldo dengan 13 gol di El Clasico. Ronaldo baru mencetak 7 gol ketika menghadapi Barcelona di liga domestik; setengah dari gol Messi ke gawang Madrid di ajang La Liga.

Menilik statistik, Messi jelas lebih baik dari Ronaldo. Messi mencatatkan presentase kemenangan mencapai 44% dan rata-rata mencetak 0,72 gol tiap pertandingan. Sedangkan, presentase kemenangan Ronaldo hanya 26% dengan rata-rata gol mencapai 0,63 setiap laga.

Meski rekor baru tengah menanti, Messi tidak terlalu bernafsu memecahkan rekor Zarra."Rekor Zarra tidak penting. Fokus utama kami menampilkan permainan terbaik dan meraih kemenangan. Ini El Clasico, akan sangat hebat jika kami mampu memang. Tapi, ini tidak menentukan, karena liga masih panjang," ujar Messi dikutip AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.