Sukses

10 Fakta Unik Madrid vs Barcelona

El Clasico pertama digelar di stadion Hippodromo Madrid pada 13 Mei 1902.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid akan menghadapi musuh bebuyutannya, Barcelona di pekan ke-9 La Liga. Bentrokan kedua tim tersebut bakal digelar di Estadio Santiago Bernabeu, Sabtu (25/10/2014).

Pada laga nanti, baik Madrid dan Barca memiliki misi masing-masing. Madrid mengincar kemenangan demi merebut singgasana klasemen yang saat ini dikuasai Barcelona. Sementara di lain pihak, Barca berambisi meneruskan catatan positifnya belum pernah terkalahkan dan kebobolan di ajang La Liga.

Seperti yang sudah pernah terjadi, pertarungan kedua tim dipastikan bakal berlangsung keras dan sengit. Madrid dan Barca ingin membuktikan diri siapa yang pantas disebut sebagai penguasa daratan Spanyol.

Laga bertajuk El Clasico ini sudah terjadi sejak tahun 1902. Saat pertama kali digelar hingga yang terakhir pada 17 April 2014 lalu, banyak sekali catatan dan fakta unik yang menarik untuk disimak. Berikut ulasannya:

1. El Clasico pertama digelar di stadion Hippodromo Madrid pada 13 Mei 1902. Kala itu Barca menang 3-1. Gol Barca dicetak Udo Steinburg dan Joan Gamper (2 gol). Sementara Madrid, gol mereka dipersembahkan oleh Arthur Johnson.

2. Pada semifinal Copa del Generalisimo tahun 1942/1943, Madrid menang dengan agregat 11-4. Skor tersebut menjadi aggregat terbesar sepanjang sejarah El Clasico.

3. Penyerang Barcelona, Lionel Messi menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak di El Clasico. Pria kebangsaan Argentina itu mengukir 21 gol. Catatannya melewati jumlah gol milik Alfredo Di Stefano dari Real Madrid. Sebelumnya, Di Stefano hanya mampu membuat 18 gol di El Clasico.

4. Alfonso Albeniz menjadi pemain pertama yang pindah dari Barcelona ke Madrid. Sementara Luciano Lizzaraga, ia menjadi pemain pertama yang pindah dari Madrid ke Barcelona.

5. Josep Samitier adalah pemain pertama yang bisa mencetak empat gol di El Clasico. Pemain Barcelona itu melakukannya saat membawa Barca menang 5-1 pada April 1926 lalu.

6. Rekor gol tercepat di El Clasico berhasil dimiliki Karim Benzema. Pemain yang masih aktif itu menjebol gawang El Barca saat pertandingan baru berjalan 11 detik. Hal tersebut terjadi saat Madrid dikalahkan Barca 1-3, 11 Desember 2011 lalu.

7. Micahel Laudrup memiliki catatan rekor pribadi. Ia pernah membawa Madrid menang 5-0 atas Barcelona. Yang unik, setahun sebelumnya ia juga pernah membawa Barca menang 5-0 atas Real Madrid.

8. Mantan kapten Madrid, Fernando Hierro tercatat sebagai pemain yang paling banyak mendapat kartu dalam sejarah El Clasico. Total 18 kartu pernah diterimanya saat Madrid berjumpa dengan Barcelona.

9. Manuel Sanchís menjadi pemain yang paling banyak tampil di El Clasico. Eks punggawa Madrid itu memiliki catatan 49 penampilan.

10. Di semua ajang resmi, Madrid masih unggul dari Barcelona. Los Blancos memiliki 91 catatan kemenangan. Sementara Barca, mereka hanya mendapatkan 88 kemenangan. Sisanya, 48 pertemuan berakhir dengan skor imbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini