Sukses

Soton Raih 3 Poin Saat Arsenal, City, Chelsea Kehilangan Poin

Bigmatch akan dihelat pada Minggu 26 Oktober. Tuan rumah Manchester United akan menghadapi tim pemuncak klasemen, Chelsea.

Liga Premier Inggris sudah memasuki pekan kesembilan. Sejumlah pertandingan seru akan digelar mulai Sabtu (25/10/2014).

West Ham United akan menantang sang juara bertahan Manchester City di laga pembuka pekan ini. Sementara itu, Arsenal akan bertamu ke kandang Sunderland.

Bigmatch akan dihelat pada Minggu 26 Oktober. Tuan rumah Manchester United akan menghadapi tim pemuncak klasemen, Chelsea.

Berikut analisa empat laga penting Liga Premier Inggris pekan kesembilan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

West Ham United Vs Manchester City


West Ham United Vs Manchester City

Dua kemenangan beruntun atas QPR dan Burnley, serta berhasil menembus empat besar, menjadi modal West Ham United menghadapi juara bertahan, Manchester City.

Penampilan ciamik Diafra Sakho dan Enner Valencia di lini depan ditambah dukungan Alex Song dari lini tengah menjadi kunci kebangkitan West Ham musim ini. Apalagi Enner Valencia saat ini telah menyumbangkan tujuh gol.

Sedangkan Manchester City saat ini performanya tengah meningkat. Hal ini didukung dengan permainan yang makin oke dari Yaya Toure dan David Silva. Ditambah dengan semakin tajamnya juru gedor mereka, Sergio Aguero, yang kini menjaditop skor sementara dengan 9 gol bersama dengan Diego Costa.

Satu hal yang mengganggu bagi The Hammers dalam pertandingan ini adalah REKOR BURUK tidak pernah menang atas City dalam 10 pertemuan terakhir di semua kompetisi. Duel sore ini bisa menjadi pembuktian ketajaman antara Sakho vs Aguero.

Mampukah West Ham memanfaatkan kelelahan City setelah bertanding di Liga Champions Eropa? Patut dinantikan kejutan strategi Big Sam, tapi hasil seri sudah sangat baik tuan rumah.   

3 dari 5 halaman

Sunderland Vs Arsenal


Sunderland Vs Arsenal

Masa suram sedang dirasakan oleh Gustavo Poyet di kubu Sunderland. Masalah di awal musim yaitu sulit untuk meraih kemenangan dan terlalu banyak meraih hasil seri sebenarnya sudah berhasil dipatahkan dengan kemenangan 3-1 atas Stoke City di pekan ke-7.

Tetapi masalah besar timbul ketika di luar dugaan di pekan lalu saat The Black Cats harus mengalami kekalahan tragis 0-8 dari tuan rumah Southampton. Ada apa dengan Sunderland? Lemahnya koordinasi lini belakang dan tidak adanya seorang Playmaker yang membuat penampilan Sunderland menjadi sangat buruk musim ini.

Tidak mudah bagi seorang pelatih untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri dan mental pemain setelah mereka meraih rentetan hasil buruk. Ini akan menjadi pekan yang krusial bagi Gus Poyet untuk mengarungi musim ini bersama timnya.

Arsenal yang akan menjadi lawan mereka pekan ini dalam keadaan yang baik setelah kembalinya beberapa pemain pilar dari cedera yaitu Aaron Ramsey, Tomas Rosicky, Koscielny, Mikel Arteta, dan Theo Walcott.

Kalau melihat dari Head to Head antara kedua kesebelasan memang masih menjadi milik The Gunners. Kemenangan Sunderland terakhir atas Arsenal terjadi di musim 2009/2010.

Pertandingan yang sulit untuk diprediksi dari dua tim yang tampil inkonsisten musim ini. Hasil seri bisa menjadi hasil yang sangat fair di Stadium of Light.

4 dari 5 halaman

Southampton Vs Stoke City


Southampton Vs Stoke City

Setelah pekan lalu meraih kemenangan fantastis 8-0 atas Sunderland, langkah Southampton di awal musim harus mendapatkan perhatian lebih dari pesaingnya apalagi mereka saat ini menempati posisi ke 3 klasemen.

Taktik yang jitu sudah diperlihatkan oleh Ronald Koeman dengan 5 kemenangan yang diraihnya hingga saat ini. Pembelian pemain yang tepat menjadi kunci baiknya performa The Saint dengan pelatih baru mereka itu.

Komposisi Jack Cork - Steven Davis - Morgan Schneiderlin di lini tengah untuk menopang Dusan Tadic dan Graziano Pelle berjalan dengan sangat sempurna.

Head to Head antara kedua kesebelasan dalam 2 musim terakhir berakhir dengan hasil empat kali seri, tetapi melihat performa kedua kesebelasan hingga pekan ke-8. Ketajaman Pelle tampaknya akan berlanjut dan 3 poin akan menjadi milik Southampton.

5 dari 5 halaman

Manchester United Vs Chelsea


Manchester United Vs Chelsea

Kompetisi memang masih panjang dan apapun bisa terjadi hingga pekan ke-38 nanti. Tetapi BigMatch antara Manchester United vs Chelsea di pekan ke-9 ini bisa saja menjadi salah satu faktor penting dalam perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Chelsea saat ini masih mantap berada di puncak klasemen dan menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kalah di BPL. Materi pemain yang lengkap di semua lini, strategi transfer pemain yang brilian dan rotasi pemain yang sempurna dilakukan oleh Jose Mourinho, terlihat dari hasil yang sangat baik bagi The Blues di kompetisi lokal maupun Eropa.

Melihat performa mereka sejauh ini banyak pengamat mengatakan, musim ini akan menjadi mudah bagi Chelsea di Liga Inggris bahkan di Liga Champions Eropa. Tetapi ujian berat harus dilewati oleh Mourinho di hari minggu nanti menghadapi United tanpa kehadiran mesin gol mereka Diego Costa akibat cedera Hamstring.

Man United yang telah menghabiskan Rp 3 triliun untuk membangun tim musim ini bersama dengan pelatih baru mereka Louis van Gaal juga belum bisa tampil konsisten. Sering kehilangan poin dan sulit meraih kemenangan serta belum mampu mengatasi buruknya performa lini belakang.

Meskipun United juga kehilangan penyerang Wayne Rooney, tetapi dalam partai nanti akan menjadi pertarungan sesungguhnya di lini tengah kedua kesebelasan. Karena siapa yang mampu menguasai lini tengah memiliki peluang lebih besar untuk meraih kemenangan.

Meskipun United bertindak sebagai tuan rumah, tetapi Chelsea sulit untuk dikalahkan saat ini. Siapakah yang akan menjadi penguasa di Old Trafford? Mmm…SERI!

*Penulis adalah beIN SPORTS Football Presenter. Tio Nugroho mengawali kariernya sebagai presenter olahraga pada tahun 1999. Sejak itu, Tio menjadi host FIFA World Cup South Africa 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini