Sukses

MU vs Chelsea: Lebih Sakti Guru atau Murid?

Terakhir di pertandingan kompetitif, kedua pelatih bertemu di Final Liga Champions 2010.

Liputan6.com, Manchester: Adu sakti guru vs murid. Satu kata itu tepat menggambarkan big match antara Manchester United (MU) kontra Chelsea dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris, Minggu (26/10/2014) di Old Trafford.

Takdir menggariskan, Louis Van Gaal kembali dipertemukan dengan sang didik Jose Mourinho di Inggris. Dua pelatih kondang itu sebelumnya pernah bekerja sama di Barcelona selama tiga tahun periode 1997 hingga 2000. Sejak berpisah 10 tahun lalu, untuk pertama kali kedua pelatih bertemu di Final Liga Champions 2010.

Siapa lebih jago? The Iron Tulip atau The Special One. Empat tahun lalu, Mourinho menemukan antitaktik Van Gaal. Pelatih asal Portugal itu sukses membawa Inter juara 2-0 mengalahkan Muenchen asuhan Van Gaal.

Kini kedua pelatih saling bertatap muka di partai prestisius Premier League. Mampukah Van Gaal menjawab tantangan Mourinho? Dari klasemen, Chelsea masih di atas MU. Pencapaian dua tim terpandang di Premier League itu berbanding terbalik. Chelsea kini menempati pemuncak klasemen dengan 22 poin, terpaut  10 poin dari The Red Devils yang menempati posisi 6.

Menjamu Chelsea di Old Trafford, catatan head-to-head MU atas Chelsea tidak terlalu menggembirakan. MU menelan kekalahan 3 kali termasuk ketika tumbang 1-3 pada 9 Januari 2014 lalu. MU pun hanya dapat meraih kemenangan sebanyak 6 kali ketika menghadapi Chelsea dalam 20 pertandingan terakhir.

The Blues juga punya modal bagus jelang pertandingan. Chelsea tidak kebobolan dalam dua pertandingan terakhir di Old Trafford di kompetisi Premier League.

"Saya tidak memikirkan tim lain, saya hanya fokus dengan tim sendiri," kata Mourinho ogah menyinggung reuni dengan Mourinho sebagaimana dikutip dari Sport Mole.

Sedangkan, Van Gaal memilih bersikap 'tahu diri'. Pelatih berkebangsaan Belanda itu tidak ingin mengumbar komentar karena posisi MU kini masih di bawah Chelsea. "Saya selalu menjadi 'si arogan' Van Gaal, tapi sekarang saya ingin bersikap merendah karena tim Mourinho lebih baik dari tim saya," ujar Van Gaal diplomatis.

Dari segi teknis tim, striker menjadi posisi rawan kedua tim. Menghadapi pertandingan ini, Chelsea kemungkinan besar tanpa Diego Costa yang diragukan tampil karena cedera. Sedangkan, di kubu MU, Wayne Rooney dipastikan absen karena terkena hukuman kartu merah di laga kontra West Ham United.

"Remy tidak memilik peluang. Kecil kemungkinan Costa bermain, begitu juga dengan John Obi Mikel dan Ramires," ujar pelatih berkebangsaan Portugal itu dilansir dari Soccerway.

Namun, Van Gaal tidak percaya begitu saja, Mourinho akan memarkir Costa; mesin gol baru Chelsea. Terlebih, dalam dua pertandingan kontra Crystal Palace dan Maribor di ajang Liga Champions Costa tidak diturunkan. Sengaja, agar mantan pemain Atletico Madrid itu fit ketika menghadapi MU.

"Dia (costa) akan bermain saat bisa dimainkan karena Mourinho ingin menang," kata Van Gaal seperti dilansir Reuters."Costa telah mencetak sembilan gol dalam tujuh pertandingan dan itu catatan luar biasa. Jadi pemain itu dalam performa bagus."

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/754586/original/010759100_1413968782-manchster-united-vs-chelsea-aji-141022-2.jpg

Baca Juga:

West Ham Menang, Mourinho Langsung Girang

Tumbangkan Xu/Ma, Tontowi/Liliyana ke Final French Open

"Persipura Bukan Anak Emas PSSI"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

Video Terkini