Sukses

Kalahkan City, West Ham Masuk Jajaran Big Four

West Ham United sukses kalahkan Manchester City.

Liputan6.com, London - Tuan rumah West Ham United sukses mempermalukan Manchester City 2-1 di pekan ke-9 Liga Premier, Sabtu (25/10/2014). Padahal, The Citizens, tampil dominan dan menguasai sepanjang laga.

Sejak babak pertama dimulai, City langsung tampil menyerang. Baru dua menit laga berjalan, Sergio Aguero langsung memberi ancaman serius bagi lini pertahanan West Ham.

Aguero mengirimkan sepakan jarak jauh dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut kiri gawang. Namun bola masih mampu diamankan kiper The Hammers, Adrian.

Dalam 20 menit, skuat asuhan Manuel Pellegrini ini berulang kali merepotkan barisan pertahanan West Ham. Namun belum ada gol yang tercipta.

Asyik menyerang, The Citizens harus membayar mahal kelengahan mereka. Menit ke-21, The Hammers mampu membobol gawang City yang dikawal Joe Hart.

Pergerakkan cepat Enner Valencia di sisi kanan penyerangan West Ham sukses mendahului para pemain belakang City. Ia pun dengan mudah memberi umpan matang pada Morgan Amalfitano yang juga berlari ke dalam kotak penalti The Citizens.

Amalfitano sukses meluncurkan bola ke gawang Joe Hart dengan mudah. Skor 1-0 untuk keunggulan West Ham.

Penguasaan bola yang dilakukan Manchester Biru pada babak pertama memang sangat dominan. Tercatat 67% penguasaan bola dikuasai City. Namun hal itu belum mampu membuka keran gol bagi juara Liga Inggris musim 2013/2014 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Paruh kedua, West Ham United berhasil mendapat peluang melalui Stewart Downing pada menit 53. Namun usaha Downing belum menemui sasaran.

Manchester City yang unggul materi pemain berhasil menekan West Ham di lapangan tengah. Hasilnya David Silva dengan leluasa melancarkan serangan dari lini tengah The Citizens.

Menit 60, Silva melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun bola masih membentur tubuh pemain belakang The Hammers, James Collins. Bola liar yang disambar Aguero di dalam kotak penalti kembali mampu dihalau Collins dengan kaki kirinya.

Penyelamatan gemilang dilakukan kiper West Ham, Adrian. Dua peluang The Citizens dari Yaya Toure dan David Silva, berturut-turut digagalkan Adrian di menit ke-64.

Skuat asuhan Manuel Pellegrini masih sukses mendominasi permainan. Berbagai serangan berhasil dilancarkan City lewat komando David Silva.

Akan tetapi menit ke-75, lagi-lagi The Citizens lengah. Gol Joe Hart kembali kebobolan untuk kedua kalinya.

Aaron Cresswell berhasil mengirimkan umpan matang bagi Diafra Sakho yang sudah berdiri di kotak penalti The Citizens. Sebenarnya bola masih mampu ditepis Joe Hart, akan tetapi bola sudah lebih dulu melewati garis dan wasit menganggap gol.

Skor 2-0 bagi keunggulan The Hammers langsung direspon cepat oleh penggawa The Citizens. Dua menit usai gol Sakho, David Silva sukses memperkecil ketertinggalan.

Silva dengan lincah mengecoh empat pemain West Ham dan dengan mulus melesatkan sepakan keras kaki kiri langsung ke gawang Adrian. Skor 2-1 bagi keunggulan West Ham menutup laga.

Berkat hasil ini, The Hammers sukses mengemas 16 angka dari sembilan laga Liga Premier dan berhak bertengger di posisi empat klasemen. Sementara City masih tertahan di posisi keduadua klasemen dengan 17 angka.

Susunan Pemain:

West Ham United: Adrian; J. Collins, W. Reid, A. Cresswell, C. Jenkinson; S. Downing, M. Amalfitano (Cheikhou Kouyate), A. Song, M. Noble; D. Sakho (Kevin Nolan), E. Valencia (Carlton Cole).

Manchester City: J. Hart; V. Kompany, G. Clichy (Kolarov), P. Zabaleta, E. Mangala; David Silva, Yaya Toure, Jesus Navas, Fernando (Milner); Sergio Aguero; E. Dzeko (Jovetic).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini