Sukses

Persiba Batalkan Kemenangan Perdana PSIS

PSIS Semarang gagal memanfaatkan keangkeran Stadion Jatidiri. Menjamu Persiba Balikpapan, PSIS harus menerima nasib ditahan imbang oleh tamunya meski sudah memimpin terlebih dahulu. Poin satu pun menjadi imbalan yang pantas bagi kedua tim.

PSIS Semarang gagal memanfaatkan segenap kelebihan mereka saat menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Jatidiri, dalam lanjutan Indonesia Super Liga (ISL) yang digelar Minggu (20/07). PSIS sempat memimpin terlebih dahulu lewat gol Bengondo Salomon, namun kemenangan tersebut pupus saat Musyafry menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan sampai pertandingan berakhir.

Meski berstatus tim tamu, Persiba tidak menunjukkan rasa minder menghadapi nama besar PSIS. Justru di menit-menit awal, tim berjuluk Beruang Madu tersebut berhasil menekan tim tuan rumah. Namun demikian, tetap saja PSIS yang memiliki peluang pertama di menit ke-11. Sepakan Alex Daniel meneruskan umpan Gaston Castano masih melebar ke sisi kanan gawang Persiba.

Tiga menit kemudian, PSIS kembali memiliki kans mempermalukan tamunya. Diawali keberhasilan Castano merebut bola dari pemain belakang Persiba, lagi-lagi sontekannya masih belum menemui sasaran. Di menit ke-17, giliran Persiba yang mendapat peluang. Namun peluang tersebut kandas karena sepakan Bruno Zose masih menerpa mistar gawang. Persiba kembali gagal membobol gawang tuan rumah, lantaran Agus Murod sigap menepis bola yang terarah ke gawangnya.

Pertandingan kemudian lebih banyak diisi dengan pertarungan di lini tengah. Terdapat sedikit peluang lewat tembakan-tembakan spekulasi dari kedua kubu. Namun tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan gawang. Skor imbang tanpa gol pun bertahan sampai turun minum.

Empat menit babak kedua berlangsung, PSIS memecah kebuntuan. Gol tercipta lewat umpan silang Gastano yang diteruskan sambaran kaki kiri Salomon. Kali ini kiper Persiba, Denny Marsel, tak dapat berbuat banyak untuk mencegah bola bersarang di gawangnya. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0.

Ketinggalan satu gol tidak membuat Persiba patah semangat. Bahkan, anak-anak asuh Peter Butler ini justru makin gencar menggempur pertahanan tuan rumah. Robbie Gaspar menebar ancaman di menit ke-61, saat tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat dihalau Agus Murod. Namun kehebatan Agus ada batasnya. Diawali pergerakan Pepito mengobrak-abrik pertahanan PSIS, ia kemudian mengirimkan bola kepada Musyafri. Dengan sekali sentuhan, Musyafri mengontrol bola, dan kemudian melepaskan tembakan kaki kanan menembus gawang PSIS.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, pemain-pemain Persiba makin bersemangat menekan pertahanan PSIS. Meski demikian, sampai wasit Jimmy Napitupulu meniup peluit panjang, tidak tercipta gol tambahan. Skor 1-1 pun menjadi akhir laga ini. Dan kedua tim mendapat tambahan satu poin. Hasil cukup baik bagi Persiba, namun tidak maksimal bagi PSIS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.