Sukses

6 Klub Pastikan Lolos Fase Knock-Out Liga Champions

Madrid, Dortmund, Bayern, Barcelona, PSG dan Porto adalah nama-nama tim yang telah mengantongi tiket 16 Besar Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh pertandingan di matchday keempat Liga Champions telah selesai digelar. Selain beberapa klub sudah ada yang memastikan lolos ke babak 16 besar, sebuah rekor baru saja dipecahkan pada Kamis (6/11) dini hari tadi.

Real Madrid, Borussia Dortmund, Bayern Muenchen, Barcelona, Paris Saint-Germain, dan Porto adalah nama-nama tim yang telah mengantongi tiket di perdelapan final Liga Champions.

Real Madrid menjadi tim pertama yang memastikan lolos fase knock out usai menang tipis 1-0 atas Liverpool. Satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut dicetak oleh Karim Benzema. Lewat kemenangan ini, Los Blancos mengoleksi poin sempurna yakni 12 poin dengan menyapu bersih empat kemenangan.
http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/761000/original/088154700_1415137378-2014-11-04T210902Z_1014138993_GM1EAB50E8W01_RTRMADP_3_SOCCER-CHAMPIONS.JPG

Selain Madrid, ada duo Jerman Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen yang juga mencatatkan hasil sempurna di fase grup. Mereka juga belum terkalahkan bahkan produktivitas gol Dortmund lebih tinggi dari Madrid. Dortmund melibas Galatasaray 4-0 untuk mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

Usai mengalahkan AS Roma dengan skor 2-0, Bayern memantapkan diri sebagai pemuncak grup E dengan raihan poin 12. Selisih poin Die Roten dengan peringkat dua AS Roma dan CSKA Moskow terpaut empat poin.

Sedangkan Manchester City berada posisi terbawah Grup E Liga Champions dengan hanya mengumpulkan dua poin. Juara Liga Premier tersebut mendapat hasil memalukan usai kalah di kandang 1-2 melawan CSKA Moskow.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PSG dan Porto Juga Lolos

Wakil dari Inggris lainnya, Chelsea, belum memastikan tiket ke fase gugur karena hanya imbang 1-1 oleh klub kecil Maribor. Malahan, The Blues sempat tertinggal lebih dahulu saat Agim Ibraimi membuka keunggulan tuan rumah. Beruntung, Chelsea tak pulang dengan tangan hampa karena Nemanja Matic dapat menyamakan kedudukan.

Klub lain yang mengunci tiker 16 besar lebih dulu ada juara grup dan runner-up Grup F, Paris Saint-Germain serta Barcelona. Tanpa kehadiran striker Zlatan Ibrahimovich yang absen karena cedera, PSG meraup tiga poin kemenangan usai menang tipis 1-0 saat menjamu APOEL di Paris. Gol tunggal dalam laga ini dicetak oleh Edinson Cavani di babak pertama.

PSG nyaman sebagai pemuncak klasemen Grup F dan Barcelona mengikuti di belakangnya usai menang 2-0 atas Ajax Amsterdam. Dua Gol pada pertandingan tersebut dicetak oleh Lionel Messi.

Laga yang digelar di Amsterdam Arena antara Ajax vs Barcelona sepenuhnya milik Messi karena pemain berusia 27 tahun tersebut baru saja menyamai rekor gol sepanjang masa milik legenda Real Madrid, Raul Gonzalez. Kini Messi dan Raul sama-sama mengoleksi 71 gol.

Terakhir, ada nama klub Portugal FC Porto yang memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions. Porto baru saja meraih tiga poin kemenangan usai mengalahkan Athletic Bilbao 2-0 di San Mames. Meski 10 poin yang dikoleksi Porto dapat disusul runner-up grup, Shakhtar Donetsk (8 poin), kedua tim sudah tak terkejar dengan peringkat tiga dan empat Grup H (BATE dan Athletic Bilbao).

Inilah hasil lengkap babak penyisihan grup Liga Champions

Rabu (5/11)

Zenit 1 - 2 Bayer Leverkusen
Malmö FF 0 - 2 Atlético Madrid
Juventus 3 - 2 Olympiakos Piraeus
FC Bassel 4 - 0 Ludogorets
Real Madrid 1 - 0 Liverpool FC
Benfica 1 - 0 AS Monaco FC
Arsenal FC 3 - 3 RSC Anderlecht
Borussia Dortmund 4 - 1 Galatasaray

Kamis (6/11)

Bayern Muenchen 2 - 0 Roma
Manchester City 1 - 2 CSKA Moskow
Ajax 0 - 2 Barcelona
PSG 1 - 0 APOEL Nicosia
Maribor 1 - 1 Chelsea
Sporting Lisbon 4 - 2 Schalke 04
Athletic Bilbao 0 - 2 FC Porto
Shakhtar Donetsk 5 - 0 BATE Borisov

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.