Sukses

Aksi Unik Ridwan Kamil Selama Mendukung Persib

Beberapa kali Ridwan melakukan aksi uniknya untuk mendukung Maung Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lebih kurang menunggu selama dua dasawarsa Persib Bandung akhirnya menjadi juara Indonesia Super League (ISL). Maung Bandung mengalahkan  Persipura Jayapura 5-3 lewat adu penalti di Stadion Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014).

Kemenangan itu tentunya sebagai pelepas dahaga para suporter Persib yang telah lama menanti gelar juara. Walikota Bandung, Ridwan Kamil, merupakan salah satu orang yang sangat menginginkan tim pujaan hatinya meraih gelar kedua dipentas tertinggi sepak bola di Indonesia ini.

Terbukti ia selalu berusaha untuk mendukung Persib dengan sepenuh hatinya, mulai dari nazar akan membotaki kepalanya bila skuat arahan Djajang Nurjaman itu jadi juara, hingga rela bertelanjang dada saat menonton Persib di semifinal lalu.

Selain itu juga masih ada aksi menarik yang dilakukan kang Emil sapaan akrab dari Ridwan Kamil untuk mendukung Persib berikut ini:

1. Rela Punguti Sampah

Datang ke Palembang, Ridwan menginstruksikan puluhan ribu Bobotoh--suporter Persib-- untuk menjaga kebersihan. Dia pun tak ragu memungut sampah di Palembang.

"Saya ingin Bobotoh yang datang ke sini menjaga kebersihan. Mereka harus memungut sampah yang dilihatnya," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu kepada wartawan.



2. Telanjang Dada di Laga Persib Vs Arema

Persib Bandung harus rela berlaga tanpa pendukungnya pada sisa musim ini. Hal ini karena kerusuhan yang  terjadi pada laga Indonesia Super League (ISL) 2013/2014.

Akibatnya, para Bobotoh (pendukung Persib) harus mendukung tim kesayangannya tanpa atribut Persib. Mereka pun menyiasatinya dengan bertelanjang dada saat menyaksikan Persib kontra Arema Cronus di semifinal ISL 2014, Selasa (4/11/2014).

Bukan hanya fans biasa yang bertelanjang dada. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, juga ikut telanjang dada.



"Saya mendatangi Bobotoh dan berpesan agar mereka menjaga ketertiban, kesantunan, dan kesehatan," ujarnya seperti dilansir situs resmi Persib. "Ikut buka baju ini adalah bentuk dari rasa solidaritas."

3. Sewa Hercules ke Palembang

Menurut Ridwan ide menyewa pesawat militer timbul karena sulitnya mendapatkan tiket pesawat komersial. Rombongan Wali Kota beserta jajarannya akan bertolak dari Lanud Husein Sastranegara, Bandung besok. Penerbangan langsung ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II tanpa transit di Jakarta.

Bandung Macet, Ridwan Kamil Curhat ke Ahok

"Kami berangkat sama-sama dengan Hercules dari Bandung, susah mendapatkan tiket dalam jumlah banyak ke Palembang, jadi pakai pesawat itu (Hercules)," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (6/11/2014).

4. Ajak Pemain Persib Sujud Syukur

Walikota Bandung itu mengajak para pemain dan ofisial Persib untuk melakukan sujud syukur di ruang ganti sesaat setelah penyerahan trofi dan victory lap menggelilingi Stadion Jakabaring.

Skuat Persib dan Ridwan Kamil Sujud Syukur

"Bersama2 pemain Persib sujud syukur di ruang ganti. Tiada daya dan upaya tanpa ridho Allah SWT," kicau Ridwan melalui akun twitternya @ridwankamil.

Baca Juga:

5 Pemain yang Pernah Jadi Kiper Dadakan

Juara ISL, Persib Diarak Keliling Bandung

Kompany Absen di Laga QPR vs ManCity

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini