Sukses

5 Penjaga Gawang yang Sering Buat Gol

Seorang penjaga gawang pun juga bisa membuat gol yang dapat membantu timnya untuk memenangi pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penyerang mencetak gol merupakan suatu hal yang mesti ia lakukan untuk tim yang dibelanya. Bahkan patokan jago atau tidaknya penyerang terkadang beracuan pada jumlah gol yang telah dilesakannya.

Bukan hanya penyerang, kini seorang pemain sayap seperti Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang sering membobol gawang lawan. Bahkan Frank Lampard yang berposisi sebagai gelandang tengah berhasil menjadi pemain yang mencetak gol terbanyak untuk Chelsea sepanjang masa.

Pemain yang berposisi sebagai bek juga tak jarang menjadi pemecah kebuntuan tim. Seperti Garry Cahill yang lakukan pada pertandingan melawan Liverpool di Stadion Anfield kemarin ia berhasil mencetak gol untuk Chelsea.

Tetapi seorang penjaga gawang pun juga bisa membuat gol yang dapat membantu timnya untuk memenangi pertandingan. Berikut ini daftar penjaga gawang yang sering membobol gawang lawan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rogerio Mucke Ceni

Kiper asal Brazil itu memang tak perlu diragukan lagi soal gol yang ia torehkan ke gawang lawan. Bergabung bersama klub Sao Paolo ia berhasil menjadi kiper yang paling sering mencetak gol dengan jumlah 123 gol sepanjang karier sepak bolanya. Ia juga diakui oleh FIFA dan IFFHS sebagai penjaga gawang dengan gol terbanyak dalam sejarah sepakbola.

3 dari 6 halaman

Jose Luis Chilavert Gonzalez

Chilavert merupakan kiper legendaris Paraguay. Kiper satu ini pernah memenangkan penghargaan kiper terbaik dunia versi IFFHS tiga kali. Chilavert juga dikenal sebagai spesialis tendangan bebas dan penalti serta pernah mencetak hattrick (tiga gol) dalam satu pertandingan. Dia mencetak 62 gol dalam karir profesionalnya, termasuk 9 gol di pertandingan internasional.

4 dari 6 halaman

Dimitar Ivankov

Ivankov adalah pemain sepak bola asal Bulgaria yang memulai karirnya di Levski Sofia. Ia terkenal akan kehebatannya dalam mengeksekusi bola mati. Ivankov juga sempat memenangkan Super Liga Turki bersama Bursaspor pada tahun 2010 dan berhasil mencetak 42 gol sepanjang kariernya.

5 dari 6 halaman

Rene Higuita

Penjaga gawang asal Kolombia yang dijuluki “El Loco” atau si Gila. Ia juga merupakan pencipta tendangan kalengking di dunia sepak bola. Selama karirnya, ia telah mencetak 41 Gol (37 pinalti dan 4 dari yang lain)

6 dari 6 halaman

Johnny Martin Vegas

Ia merupakan pemain asal Peru yang bermain untuk klub Cienciano di Divisi Primera Peruana. Selama berkarir pria 38 tahun itu telah mencetak 39 gol ke gawang lawan.

 

Baca Juga:

Kalah dari Stoke, Kiper Spurs Mengamuk](2131860 "")

Lolos ke Final Piala AFF, Timnas Indonesia Diimingi Bonus Mobil

Bintang Porno Ini Janjikan Seks Gratis kepada Tim NBA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.