Sukses

Soal 'Sepak bola Gajah', Komdis PSSI Siapkan 30 Keputusan

Keputusan melibatkan semua aktor intelektual, pemain, pelatih, ofisial dan perangkat pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI batal mengumumkan putusan terkait insiden "sepak bola gajah" yang melibatkan PSIS Semarang dan PSS Sleman. Padahal Komdis sudah memanggil berbagai pihak seperti pemain, pelatih, ofisial dari kedua tim hingga perangkat pertandingan.

Ketua Komdis PSSI Hinca Pandjaitan berjanji akan menyampaikan putusan tetap usai sidang kedua bersama pelatih PSIS, PSS dan perangkat pertandingan di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (11/11) malam. Namun, Hinca menunda untuk mengumumkan keputusan karena perlu menyusun hasil sidang yang cukup banyak.

"Belum ada putusan. Ini nanti banyak putusan, namun akan saya susun terlebih dulu hasilnya biar rapi," ujar Hinca.

Menurut dia, sedikitnya ada 30 putusan terkait insiden "sepak bola gajah". Itu semua melibatkan aktor intelektual, pemain, pelatih, ofisial dan perangkat pertandingan. Namun, dia tak mau membeberkan satu persatu siapa saja yang akan mendapat hukuman.

"Banyak yang dapat hukuman. Pemain saja dalam satu tim ada 11. Tim satunya juga 11, jadi ada 22 orang. Itu belum yang lain. Kami masih tuntaskan salinan, sekalian nanti diumumkan," ungkap dia.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/757192/original/015866100_1414470800-psispss.jpg

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Pihaknya juga memastikan adanya match fixing pada laga PSS kontra PSIS yang digelar pada 26 Oktober lalu. Bahkan, match fixing tersebut menjadi bagian dari kasus besar serupa di Indonesia.

"Mafia itu ada, kemudia apa hasilnya? Tunggulah. Mungkin akan mengejutkan dan akan saya umumkan dalam waktu dekat. Kalau PSIS-PSS ini masuk (match fixing), tapi ecek-ecek karena ada yang lebih besar," jelas Hinca.

Sebelum putusan keluar, lanjut Hinca, pihaknya akan melaporkan kejadian ini kepada AFC dan FIFA, maksimal pada 17 November mendatang. "PSSI dimintai untuk jelaskan ke FIFA dan AFC, apakah PSSI mempunyai kemauan keras menuntaskan masalah ini. Jadi tunggu saja nanti seperti apa," ucap Hinca. (Arie Nugroho)

Baca Juga:

Dua Wanita Seksi Ini Penyebab Perceraian Kaka?

"Van Gaal Sudah Melakukan Kesalahan Besar"

5 Penjaga Gawang yang Sering Buat Gol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.