Sukses

Indonesia vs Timor Leste: Persiapan Enteng Jelang Piala AFF 2014

Kesuksesan Samsul Arif dkk di laga uji coba yang pertama ini sejatinya belum cukup membuktikan kelayakan mereka untuk berangkat ke Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional Indonesia terus mematangkan persiapan jelang Piala AFF 2014 di Vietnam dengan mengadakan beberapa laga uji coba internasional. Sebelum menghadapi Suriah pada Sabtu (15/11) mendatang, Skuat Garuda baru saja menang telak 4-0 atas Timor Leste Selasa (11/11) kemarin.

Pada laga Indonesia vs Timor Leste yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tersebut, pelatih Alfred Riedl langsung menurunkan mantan kapten timnas U-19 Evan Dimas sejak menit pertama.

Dalam laga debutnya bersama timnas senior, Evan ikut menyumbangkan gol, yang sekaligus menjadi gol perdananya untuk Skuat Gadura. Tiga gol lainnya dalam kemenangan Indonesia dicetak oleh Sergio Van Dijk, Zulham Zamrun, dan Samsul Arif.

Namun, kesuksesan Samsul Arif dkk di laga uji coba yang pertama ini sejatinya belum cukup membuktikan kelayakan mereka untuk berangkat ke Vietnam.

Di Piala AFF 2014, Indonesia akan menghuni Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, dan Laos. Riedl yang pernah menukangi Vietnam tentu tahu bagaimana peta kekuatan grup tersebut.

Vietnam telah melakukan persiangan jauh-jauh hari. Sedangkan Skuat Garuda diakui sang pelatih sulit untuk berkumpul komplet saat pemusatan latihan.

Dalam sebuah konferensi pers di SUGBK Selasa (11/11) kemarin, Riedl mengungkapkan kalau tuan rumah Piala AFF 2014 tersebut sudah melakukan persiapan turnamen sejak dua bulan yang lalu.

Terakhir, Vietman melakukan ujicoba melawan peringkat 108 FIFA, Palestina. Tim asuhan Toshiya Miura itu kalah 1-3 oleh Palestina, namun pada September lalu, Vietnam menang 3-1 atas Hong Kong.

Hal positif yang dapat dievaluasi dari laga ujicoba semalam adalah Indonesia mampu menang besar dengan cleansheet serta bertahan cukup bagus. Semoga Skuat Garuda mampu menyuguhkan permainan menarik dan melangkah jauh di Piala AFF 2014.


Baca Juga:
Bintang AFF 2010 yang 'Hilang' di AFF 2014
Tidak Bersaudara, Tapi 6 Pesepakbola Ini 'Kembar'
Bintang Persib Berambisi Bawa Indonesia Juara Piala AFF 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.